TNI bantu evakuasi warga korban banjir lumpur Kampung Uwibutu Paniai

id Kodam XVII/Cenderawasih,banjir paniai

TNI bantu evakuasi warga korban banjir lumpur Kampung Uwibutu Paniai

Prajurit TNI AD dari Koramil Enarotali membantu evakuasi barang warga korban banjir kumpur di Kampung Uwibutu Kabupaten Paniai. ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih.

Paniai (ANTARA) - Prajurit TNI dipimpin Batuud Koramil 1703-01/Enarotali Serka Satrio EP bergotong royong membantu warga Kampung Uwibutu Kelurahan Madi Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai yang jadi korban banjir lumpur akibat terjadinya perubahan cuaca ekstrem di wilayah itu pada sepekan terakhir.

Babinsa Serka Satrio EP dalam keterangan diterima ANTARA Kamis dini hari, mengatakan sejumlah personel Babinsa telah ditugaskan untuk membantu warga membersihkan material lumpur sisa banjir yang masuk di rumah warga, salah satunya milik rumah Yusuf Harianto (39).

Sementara itu, Danramil 1703-01/Enarotali Mayor Cba (k) Marina Rumawak, sesuai instruksi Komandan Kodim 1703/Deiyai Letkol Kav. Harto Wibowo yang menyikapi hasil laporan tentang terjadinya banjir dan longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Paniai pada Selasa 19 Januari malam jam 18.30 WIT, menginstruksikan satuan di bawah jajaran prajurit Kodim 1703/Deiyai agar waspada dengan cuaca ekstrem saat ini.

Baca juga: 12.000-an korban banjir Paniai terancam kelaparan dan malaria

Baca juga: Paniai bangun danau buatan


"Saya menghimbau agar para Danramil beserta Babinsa jajarannya harus selalu waspada mengantisipasi bencana perubahan cuaca," ujar Letkol Kav. Harto Wibowo.

Dandim menegaskan apabila terjadi bencana harus selalu siap untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan untuk mengurangi beban penderitaan yang dialami warga.

"Kita bersyukur semua kegiatan dilakukan personel TNI membantu warga berjalan lancar dan aman," ujarnya.*

Pewarta : Muhsidin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar