Jakarta (ANTARA) - Platform dagang online yang beroperasi di Indonesia membuka donasi untuk diberikan ke korban bencana alam, yang melanda Tanah Air sejak awal Januari ini.

Dikutip dari siaran pers Kamis, Bukalapak menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk menyalurkan bantuan bagi warga Kabupaten Sumedang (Jawa Barat); kemudian Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Kota Manado (Sulawesi Utara) serta area erupsi Gunung Semeru dan Gunung Merapi.

Donasi di platform tersebut bisa diakses lewat fitur BukaDonasi. Sumbangan yang masuk akan dikirimkan dalam bentuk masker, alat pelindung diri (APD), obat-obatan, desinfektan, dan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Baca juga: Microsoft investasi strategis di Bukalapak

Sumbangan juga akan diberikan dalam bentuk kebutuhan pokok yaitu makanan, perlengkapan ibu dan bayi, pakaian hingga bantuan uang tunai.

Platform dagang elektronik itu juga membuka donasi, antara lain akan disalurkan oleh Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim dan Kitabisa.com.

Lembaga penyalur donasi yang ada di Shopee menerima dana mulai dari Rp5.000 hingga Rp50.000.000.

Shopee juga bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk fitur Peringatan Dini Bencana Alam, yang akan menampilkan "push notification" sesuai dengan lokasi tempat tinggal pengguna.

Baca juga: Bukalapak catat peningkatan empat juta pelapak dan mitra di tahun 2020

Baca juga: Bukalapak ungkap aksesoris motor akan jadi salah satu tren pada 2021

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021