KPU Purbalingga tetapkan Dyah-Sudono sebagai kepala daerah terpilih

id pilkada

KPU Purbalingga tetapkan Dyah-Sudono sebagai kepala daerah terpilih

KPU Purbalingga melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati. ANTARA/HO - KPU Purbalingga.

Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, menetapkan pasangan calon nomor 2 Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono sebagai kepala daerah terpilih Pilkada 2020.

Penetapan tersebut dilaksanakan dalam rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih di di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat.

Anggota KPU Purbalingga Divisi Parmas, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto menjelaskan rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih tersebut berdasarkan pada surat Mahkamah Konstitusi RI nomor 165/Pan.MK/01/2021, tanggal 20 Januari 2021 dan surat KPU RI nomor 60/PI.02.7-SD/03/KPU/I/2021, tanggal 20 Januari 2021.

"Dengan demikian pada hari ini paslon nomor 2 kita tetapkan sebagai pemenang dan akan kita ajukan kepada DPRD Purbalingga untuk selanjutnya dapat diproses pelantikannya," katanya.

Baca juga: KPU tetapkan Halim-Joko sebagai calon terpilih Pilkada Bantul
Baca juga: KPU Kapuas Hulu tetapkan Sis-Wahyu sebagai kepada daerah terpilih
Baca juga: KPU Ngada tetapkan Andreas Paru sebagai bupati terpilih


Sebelumnya pada 15 Desember 2020 lalu KPU Purbalingga telah melakukan rekapitulasi hasil Pilbup 2020. Berdasarkan rekapitulasi hasil Pilbup Purbalingga tersebut paslon nomor 1 yakni Mohammad Sulhan Fauzi dan Zeni Supriyatno meraih 238.735 suara atau sebanyak 45.26 persen. Sedangkan paslon nomor 2 Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono meraih 288.741 suara atau 54.74 persen.

Sementara itu dia juga mengatakan bahwa Pilkada Purbalingga telah usai dengan proses yang berjalan cukup lancar sejak awal hingga akhir meskipun berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

"Atas kemurahan Tuhan YME kita semua bisa melewati pilkada dengan baik. Kami berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam seluruh proses pelaksanaan pilkada mulai dari Pemda, TNI, POLRI, Parpol seluruh jajaran Penyelenggara serta seluruh lapisan masyrakat," katanya.

Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak tersebut, kata dia, Pilbup Purbalingga telah berjalan dengan lancar dan juga damai.
"Kami juga sampaikan selamat kepada pasangan calon yang terpilih, kiranya mampu membawa Kabupaten Purbalingga lebih baik dan juga amanah," katanya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar