DWP Kementerian ESDM sebagai bagian dari masyarakat dan Bangsa Indonesia merasa terpanggil dan peduli atas kejadian yang dialami oleh saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami cobaan.
Jakarta (ANTARA) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyalurkan donasi kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian pada berbagai peristiwa bencana alam di berbagai wilayah Indonesia beberapa waktu terakhir.

"DWP Kementerian ESDM sebagai bagian dari masyarakat dan Bangsa Indonesia merasa terpanggil dan peduli atas kejadian yang dialami oleh saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami cobaan," kata Ketua DWP Kementerian ESDM Ivanna Ego Syahrial dalam keterangannya dikutip dari laman Kementerian ESDM di Jakarta, Sabtu.

Untuk itu, sambungnya, seluruh elemen DWP Kementerian ESDM, baik penasihat, pengurus, pelaksana, dan anggota berinisiatif melakukan penggalangan dana bantuan peduli korban bencana alam.

"Dana terkumpul ini kami titipkan kepada Dinas KESDM untuk kemudian diserahkan kepada BNPB sebagai garda terdepan dalam penanganan dan pemulihan korban bencana alam," ungkapnya.

Baca juga: Kementerian ESDM bangun 3.404 sumur bor air bersih

Mewakili pengurus DWP Kementerian ESDM, bantuan diserahkan secara simbolis dari Wakil Ketua II Bidang Sosbud DWP KESDM Tini Rida Mulyana kepada Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Saleh Abdurrahman dan disaksikan oleh Penasihat DWP Kementerian ESDM Ratna Mirah Tasrif beserta seluruh pengurus DWP Kementerian ESDM secara virtual.

Nantinya, bantuan disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Saleh menegaskan Kementerian ESDM serta DWP Kementerian ESDM selalu turut aktif terlibat dalam membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam.

"Sesuai arahan Bapak Menteri ESDM, Tim Siaga Bencana ESDM secara aktif berupaya membantu korban bencana alam baik melalui tim rescue berupa bantuan logistik dan kesehatan," tegasnya.

Baca juga: Kementerian ESDM: 125 ribu mobil listrik bakal mengaspal tahun ini

Beberapa bantuan logistik dan kesehatan yang akan disalurkan, yaitu swab antigen 200 boks, tenda peleton 4, masker 800 boks, selimut 1.000 buah, sembako 1000 paket, susu bayi 480 buah, aqua 10.500 buah, pembalut wanita 120 buah, pampers 600 buah, handsanitizer 336 buah, dan vitamin C 200 boks.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 melanda pesisir barat Sulawesi pada 15 Januari 2021 pukul 02.28 WITA.

Pusat gempa berada di 7 km timur laut Majene, Sulawesi Barat, dengan kedalaman 10 km.

Guncangan gempa bumi dirasakan di sebagian besar bagian barat Pulau Sulawesi hingga pantai timur Kalimantan. Pada saat yang bersamaan, sebagian wilayah Kalimantan dilanda banjir.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021