Jakarta (ANTARA) - Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan bahwa Bruno Fernandes menghabiskan hampir 45 menit untuk melatih eksekusi tendangan bebas dalam sesi latihan terakhir jelang laga putaran keempat Piala FA melawan Liverpool.

Kerja keras Fernandes itu terbayar lunas sebab ia menjadi pencetak gol penentu kemenangan 3-2 atas Liverpool lewat eksekusi tendangan bebasnya di Old Trafford, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

"Gol indah dengan tendangan bebas yang bagus," kata Solskjaer mengomentari gol Fernandes itu selepas laga dilansir laman resmi MU.

"Saya rasa kemarin dia menghabiskan hampir 45 menit setelah sesi latihan untuk melatih tendangan bebas, jadi saya cukup percaya diri dia akan mencetak gol dari tendangan bebas tadi," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Bruno Fernandes bawa Manchester United lewati Liverpool di Piala FA

Solskjaer mengaku biasanya dia tidak akan membiarkan Fernandes terlalu lama di lapangan latihan jika si pemain akan turun sejak awal laga di pertandingan berikutnya.

Namun, Fernandes tidak menjadi starting eleven dalam laga kontra Liverpool dan baru turun pada menit ke-67 menggantikan Donny van de Beek untuk memainkan peranan supersub penentu kemenangan.

Solskjaer juga memuji reaksi positif yang diperlihatkan para pemainnya yang mendapati mereka tertinggal lebih dulu karena gol Mohamed Salah pada menit ke-18.

Mason Greenwood mencetak gol balasan delapan menit kemudian lewat eksekusi serangan balik presisi dengan menyelesaikan umpan silang menawan kiriman Marcus Rashford.

Rashford lantas membawa MU berbalik memimpin memanfaatkan blunder yang dilakukan bek muda Liverpool, Rhys Williams, di awal babak kedua.

Baca juga: Puncaki klasemen Liga Inggris, Solskjaer minta MU jangan cepat puas

Liverpool kembali menyamakan kedudukan melalui gol kedua Salah pada menit ke-58, yang belakangan menjadi alasan bagi Solskjaer mengirim Fernandes masuk untuk membantu timnya mengubah keadaan.

"Melawan Liverpool tentu kami harus menggalang pertahanan dengan baik dan saya pikir para pemain bereaksi dengan sangat baik. Hingga menit-menit akhir Liverpool selalu mengancam, tetapi di waktu bersamaan kami meredam itu semua," ujar Solskjaer.

"Saya harap semua orang menikmatinya. Sebagai pelatih, sudah sewajarnya saya fokus hingga setiap detail terkecil. Sejujurnya ada banyak hal positif walau kami kebobolan dua gol," pungkasnya.

Di babak kelima Piala FA, MU akan kembali bermain di kandang menghadapi West Ham United pada periode pertandingan 9-11 Februari nanti.

Baca juga: Hasil Piala FA: West Ham, Sheffield dan Brighton lolos ke babak kelima
Baca juga: Burnley dan Leicester lanjut ke babak kelima Piala FA
Baca juga: Lampard akui Chelsea sempat terlena lawan Luton Town

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021