Kementerian PUPR: Bendungan Margatiga ditargetkan selesai akhir tahun

id Kementerian PUPR, bendungan Margatiga, irigasi lampung

Kementerian PUPR: Bendungan Margatiga ditargetkan selesai akhir tahun

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono tengah memantau progres pembangunan Bendungan Margatiga, Lampung Timur, Senin (25/1/2021). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Lampung Timur (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proses pembangunan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung selesai pada akhir tahun 2021.

"Pembangunan Bendungan Margatiga Lampung Timur saat ini sudah 56 persen, dan ditargetkan akhir tahun 2021 proses pengerjaan selesai," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Lampung Timur, Senin.

Ia menjelaskan pembangunan Bendungan Margatiga dengan tinggi 24 meter dan kapasitas 30 juta meter kubik itu, dilakukan untuk mempermudah jaringan irigasi bagi masyarakat dari aliran Sungai Way Sekampung.

Baca juga: Progres pembangunan Bendungan Karalloe capai 87 persen

"Bendungan Margatiga ini dibangun untuk mempermudah jalur irigasi dari Sungai Way Sekampung, bila diambil dari Bendungan Batutegi cukup jauh, sehingga kami buat dua bendungan agar lebih mudah dan terintegrasi," katanya.

Menurutnya, selain Bendungan Margatiga Lampung Timur, adapula Bendungan Way Sekampung yang saat ini dalam proses pembangunan dan dijadwalkan selesai pada pertengahan tahun 2021.

"Bendungan Way Sekampung sudah 88 persen dan pertengahan tahun akan selesai, terintegrasinya bendungan ini sebagai bentuk dedikasi bagi sistem irigasi di Lampung," ujarnya.

Ia mengatakan diharapkan dengan adanya bendungan yang terintegrasi dapat membantu masyarakat dalam memperoleh akses air.

"Diharapkan masyarakat mudah mendapat akses air setelah semua bendungan selesai," katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR rampungkan 18 bendungan baru selama periode 2015-2020
Baca juga: Anggota DPD terima keluhan kesulitan air dari petani di Buleleng

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar