Pemprov Sulsel targetkan vaksinasi nakes selesai Maret 2021

id Vaksin COVID-19, Dinkes Sulsel

Pemprov Sulsel targetkan vaksinasi nakes selesai Maret 2021

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 perdana olrh Pemprov Sulsel yang digelar di RSKD Dadi Makassar pada 14 Januari 2021. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) yang saat ini berlangsung, bisa selesai akhir Maret 2021.

Pemprov Sulsel sendiri menargetkan 300 orang nakes divaksin setiap hari untuk bisa mencapai target waktu vaksinasi tersebut.

"Mudah-mudahan akhir Maret seluruh nakes Sulsel sudah selesai divaksin.
Jadi kita sudah menghitung kira-kira sekitar 300 orang per hari, supaya kita bisa mencapai target itu," kata Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah di Makassar, Selasa.

Baca juga: Gubernur dan 13 tokoh Sulsel dijadwalkan vaksin COVID-19 pertama

Saat ini, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di sejumlah rumah sakit pemerintah di Sulsel, seperti RS Pelamonia milik TNI, RS Bhayangkara milik Polri, RS Angkatan Laut dan RSKD Dadi Makassar dari Pemprov Sulsel.

Terkait efektivitas dari vaksin Sinovac ini, menurut Nurdin, akan berjalan dengan baik karena sejauh ini hampir semua sudah disiapkan data klinisnya khusus untuk nakes.

"Aman, aman Insyaallah kita sudah mempersiapkan dengan baik semunya, termasuk data kilinisnya nakes kita," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel juga menemui kendala mengenai aplikasi di lapangan. Olehnya itu, Dinkes Sulsel terus berupaya menyelesaikan hambatan-hambatan tersebut.

Baca juga: 30 ribu dosis vaksin COVID-19 tiba di Makassar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari mengatakan upaya Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel saat ini terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan mengenai beberapa hambatan di lapangan.

"Terkait nakes yang menolak pada sistem yang ada, itu sudah diubah oleh Kemenkes. Kolom menolak jadi berhalangan dan kalau berhalangan berarti tidak bisa, kalau pending berarti menunggu," ujarnya.

Ichsan menyebutkan selain sejumlah rumah sakit, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan di 46 puskesmas yang ada di Kota Makassar.

"Tapi itu tidak semua dalam sehari langsung 46 puskesmas di Makassar vaksinasi semua, ada jadwalnya, seperti hari ini ada enam saja puskesmas," katanya.

Baca juga: Sulsel terima 66.640 dosis vaksin COVID-19

Baca juga: Dinkes Sulsel: Vaksinasi COVID-19 dilakukan pertengahan Januari

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar