Karanganyar (ANTARA) - Ratusan siswa Sekolah Pertama Tamtama Prajurit Karier (Semata PK) angkatan ke-79 TNI Angkatan Udara (AU) mengikuti Latihan Berganda (Latganda) 2021 yang akan berlangsung selama delapan hari di Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo.

Pada acara pembukaan Latganda siswa Semata PK Angkatan ke-79 TNI AU tersebut bertindak selaku inspektur upacara Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, dan diikuti sebanyak 449 siswa, di Lapangan Satriya Yudha Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo di Karanganyar, Selasa.

Menurut Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, pada latihan berganda yang diikuti 449 siswa Semata PK TNI AU angkatan ke-79 tersebut merupakan rangkuman dari keseluruhan materi yang diterima oleh prajurit siswa selama mengikuti pendidikan hingga saat ini.

Baca juga: PT DI serahkan pesawat NC212i untuk TNI AU

Danlanud mengatakan ratusan siswa Semata PK tersebut mendapatkan khusus materi teknik dan taktik dasar keprajuritan serta untuk mengetahui tingkat kemampuan dan ketrampilan para prajurit siswa. Sehingga, para siswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, baik secara beregu maupun perorangan.

Untuk mewujudkan hasil latihan yang optimal, Danlanud menekankan kepada para prajurit siswa agar memiliki tekad dan mental yang kuat, senantiasa menjaga kondisi fisik agar tetap prima. Sehingga, para siswa mampu mengikuti dinamika kegiatan latihan berganda dengan baik. Tetap patuhi semua prosedur latihan yang berlaku dan mengikuti arahan pelatih.

Selain itu, lanjut Danlanud, hal penting yang harus diperhatikan adalah keselamatan dan keamanan kerja, yang merupakan prioritas utama, dengan tidak meninggalkan substansi latihan itu sendiri .

Oleh karena itu, kata Danlanud, sebagai siswa Semata PK TNI AU harus dapat melaksanakan latihan tersebut dengan sebaik-baiknya, sungguh-sungguh, dan penuh semangat.

Danlanud juga meminta kepada para instruktur, pelatih, dan pendukung agar melaksanakan mekanisme latihan semaksimal mungkin sesuai dengan rencana yang telah dibuat, sehingga sasaran dan tujuan latihan dapat tercapai. Adakan briefing atau evaluasi dan koordinasi antar unsur kepelatihan yang ada setiap hari, agar segala hambatan dapat diatasi.

"Kami minta kepada seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan latihan ini, dalam menyikapi penyebaran COVID-19 yang sedang melanda saat ini, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga, kegiatan latihan dapat tetap tercapai. Usahakan seminimal mungkin adanya kontak langsung dengan masyarakat umum, agar terhindar dari penyebaran COVID-19," kata Danlanud.

Pada acara Latganda siswa Semata PK TNI AU angkatan ke-79 yang diikuti sebanyak 449 siswa, rencana berlangsung selama delapan hari, mulai tanggal 26 Januari hingga 2 Februari 2021.

Lokasi latihan Latganda selain dilaksanakan di Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo Karanganyar, juga beberapa daerah lainnya yakni di wilayah Kabupaten Wonogiri Jateng, dan Pacitan Jawa Timur. 

Baca juga: Puluhan pengungsi Sulbar tiba di Bandara Adi Soemarmo
Baca juga: TNI AU angkut 14 ton bantuan untuk korban gempa Sulbar

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021