Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Kapolri yang baru Listyo Sigit Prabowo bisa menciptakan rasa aman secara menyeluruh kepada masyarakat.
 
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru pada Rabu 27 Januari 2021 menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis. LaNyalla menyambut positif perubahan pucuk pimpinan Polri itu.
 
"Selamat buat Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dilantik menjadi Kapolri baru. Kita berharap program atau keputusan yang baik yang telah dijalankan Kapolri sebelumnya bisa dilanjutkan. Kapolri baru juga bisa mengevaluasi kekurangan dari pendahulunya," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Baca juga: Listyo Sigit akan bantu Pemerintah kawal pertumbuhan ekonomi nasional
 
LaNyalla menambahkan sebagai Kapolri baru Listyo Sigit Prabowo harus menjalankan perundang-undangan selurus-lurusnya.
 
"Jadikan hukum sebagai ujung tombak penegakan keadilan dan kedisiplinan. Hukum harus dijalankan secara transparan dan harus berpihak kepada kebenaran," katanya.
 
Menurut LaNyalla salah satu tugas berat Kapolri baru adalah mendukung pemerintah mewujudkan kedisiplinan masyarakat pada penerapan protokol kesehatan.
 
"Selain sejumlah permasalahan hukum, Polri juga harus mendukung penciptaan kedisiplinan masyarakat. Karena saat ini kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan sangat rendah. Akibatnya kasus penyebaran terus terjadi," katanya.
 
Pelantikan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat.
 
Proses Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru juga telah melalui persetujuan DPR, dan telah melalui tahapan fit and proper test. Persetujuan diambil dalam rapat paripurna DPR.

Baca juga: Delapan komitmen calon Kapolri Komjen Listyo diapresiasi

Baca juga: Komjen Listyo Sigit sampaikan rencana usai disetujui jadi Kapolri

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021