Pergerakan rupiah hari ini dipengaruhi oleh pasar yang tengah menunggu keputusan kebijakan The Fed
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore menguat menjelang pengumuman hasil rapat bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed).

Rupiah ditutup melemah 15 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp14.050 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.065 per dolar AS.

"Pergerakan rupiah hari ini dipengaruhi oleh pasar yang tengah menunggu keputusan kebijakan The Fed," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Rupiah berpotensi menguat di tengah penantian pengumuman The Fed

The Fed secara luas diharapkan untuk menjaga kebijakan tetap stabil. Selain itu, pasar juga menunggu rincian tentang waktu dan ukuran langkah stimulus AS lebih lanjut.

Pemimpin Mayoritas Senat Charles Schumer mengatakan pada Selasa (26/1/2021) bahwa pemungutan suara untuk meloloskan paket stimulus 1,9 triliun dolar AS yang diusulkan oleh Presiden AS Joe Biden dapat dilakukan pada awal minggu berikutnya.

Schumer menambahkan bahwa Senat akan bergerak maju dengan rencana Biden dan tanpa dukungan anggota parlemen dari Partai Republik jika perlu.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) meningkatkan perkiraannya untuk pertumbuhan global 2021 sebesar 5,5 persen, naik 0,3 persen dari perkiraan pada Oktober 2020 lalu.

Namun IMF juga memperingatkan bahwa varian COVID-19 baru dapat menimbulkan risiko pemulihan ekonomi. Jumlah kasus COVID-19 global telah melampaui angka 100 juta pada 27 Januari 2020, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Dari domestik, pasar tengah menunggu aturan turunan UU Cipta Kerja yang akan segera diumumkan bulan depan oleh pemerintah. Aturan ini berupa peraturan pemerintah (PP) dan peraturan presiden (perpres).

Aturan turunan UU Cipta Kerja akan membuat implementasi reformasi dan transformasi struktural bisa segera dilakukan.

"Informasi tentang turunan UU Cipta Kerja yang akan segera diumumkan membuat pelaku pasar kembali optimistis bahwa reformasi kebijakan akan segera dijalankan, sehingga arus modal asing kembali masuk dalam pasar finansial dalam negeri," ujar Ibrahim.

Rupiah pada Rabu pagi dibuka menguat ke posisi Rp14.050 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.050 per dolar AS hingga Rp14.066 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan rupiah melemah menjadi Rp14.091 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.086 per dolar AS.

Baca juga: Dolar AS di posisi defensif, pasar tunggu komentar Ketua The Fed
Baca juga: Saham Asia diprediksi naik hari ini, pasar fokus Fed dan stimulus AS

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021