PT PPI jadi kunci keberhasilan penyaluran pupuk bersubsidi bagi petani

id pt ppi,pupuk bersubsidi,petani,distribusi

PT PPI jadi kunci keberhasilan penyaluran pupuk bersubsidi bagi petani

PT PPI. ANTARA/www.ptppi/co.id.

Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI turut andil menjadi salah satu kunci keberhasilan penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani, yang terbukti dengan PPI Cabang Manado dan Cabang Surabaya meraih penghargaan dari PT Petrokimia Gresik-Pupuk Indonesia sebagai Distributor of The Year 2020.

"PPI menjadi salah satu kunci keberhasilan penyaluran pupuk bersubsidi agar bisa sampai ke tangan petani yang berhak sesuai dengan mekanisme yang ada melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK)," ujar Direktur Utama PT PPI Fasika Khaerul Zaman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Fasika Khaerul Zaman, dalam menjalankan bisnisnya sebagai perusahaan perdagangan yang memiliki kemampuan mendistribusikan barang, PPI memang melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan pupuk, sehingga memudahkan pendistribusian pupuk ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: PT PPI lepas harga beras khusus sesuai di pasaran

"Berbekal pengalaman panjang dan keberadaan cabang, gudang-gudang, dan kendaraan operasional yang dimiliki PPI, tentu menjadi nilai lebih untuk mendistribusikan barang dengan baik dan sangat membantu petani di daerah dalam mendapatkan pupuk tersebut," kata Dirut PT PPI tersebut.

PT PPI Cabang Manado dan Cabang Surabaya meraih predikat Distributor of The Year 2020, sebagai Distributor Utama NPK Phonska PLUS Wilayah Indonesia Tengah dan Timur dari PT Petrokimia Gresik-Pupuk Indonesia.

Penghargaan diterima oleh masing – masing Regional Manager (RM) Cabang Manado Konsep Ginting dan RM Cabang Surabaya Imam Supingi pada kesempatan terpisah.

Baca juga: Mentan pastikan distribusi pupuk bersubsidi telah tepat sasaran

Selain itu Direktur Utama PPI Fasika Khaerul Zaman juga telah menandatangani SPJB tahun 2021 Distributor Pupuk Bersubsidi yang juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, di Surabaya.

"Di masa yang akan datang, pencapaian ini diharapkan menjadi semangat bagi PPI untuk terus memberikan pelayanan terbaik dalam mendistribusikan pupuk dengan baik dan membantu petani di daerah dalam mendapatkan pupuk," kata Fasika Khaerul Zaman.

Ihwal pupuk bersubsidi, dengan adanya keterbatasan pemerintah dalam penyediaan subsidi pupuk dalam rangka program pemerintah, maka pupuk bersubsidi hanya diperuntukkan bagi usaha pertanian yang meliputi Petani Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan Rakyat.

Baca juga: Pupuk Indonesia siapkan strategi lancar distribusi pupuk bersubsidi

Dan untuk menjamin pengadaan dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi, ditetapkan Keputusan Menteri, yaitu melalui Surat Keputusan Menperindag No. 70/MPP/Kep/2/2003 tanggal 11 Pebruari 2003, tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian.

PPI merupakan distributor resmi, ditunjuk oleh produsen untuk melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan serta pemasaran pupuk bersubsidi dalam partai besar untuk dijual kepada konsumen akhir melalui pengecernya,"

Pupuk yang didistribusikan PPI adalah Pupuk Sriwidjaja, Pupuk Kujang, Pupuk Kalimantan Timur, Pupuk Iskandar Muda, dan Pupuk Petrokimia Gresik.

Baca juga: PT PPI beri bantuan ke kaum dhuafa Jabodetabek dan Lampung saat Covid
 

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar