ASDP operasikan KMP Aceh Hebat 2 tiap hari, layani Ulee Lheue-Balohan

id ASDP,KMP Aceh Hebat 2,penyeberangan aceh

ASDP operasikan KMP Aceh Hebat 2 tiap hari, layani Ulee Lheue-Balohan

KMP Aceh Hebat 2 yang kini melayani rute Ulee Lheue-Balohan. (ASDP)

Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali memperkuat layanan penyeberangan di Provinsi Aceh dengan mengoperasikan KMP Aceh Hebat 2 melayani lintasan Ulee Lheue-Balohan setiap hari.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menyampaikan mengapresiasi ASDP kepada pemerintah provinsi dan seluruh pihak yang memberikan kepercayaan Kerja Sama Operasi (KSO) KMP Aceh Hebat 2 untuk melayani penyeberangan di Aceh dari Ulee Lheue dan Balohan.

"Dengan hadirnya KMP Aceh Hebat 2 ini kami harapkan dapat menambah dan memudahkan akses transportasi masyarakat dan sektor logistik, terutama yang mengangkut bahan pokok menuju Sabang dan sekitarnya," kata Shelvy.

KMP Aceh Hebat 2 ini menjadi kapal keempat yang dioperasikan ASDP di lintasan Ulee Lheue - Balohan setelah KMP BRR dan KMP Tanjung Burang. Sedangkan KMP Papuyu melayani rute perintis Ulee Lheue - Lamteng dan Ulee Lheue - Serapung.

Baca juga: KMP Aceh Hebat, membebaskan "keisolasian" kepulauan di Aceh

KMP Aceh Hebat 2 berukuran 1186 GRT yang dibangun galangan PT Adi Luhung Saranasegara memiliki kapasitas angkut 300 orang penumpang dan 26 unit kendaraan campuran.

Untuk lintas Ulee Lheue - Balohan dengan jarak 18 mil, waktu tempuh KMP sekitar 1 jam 20 menit per trip. Kapal ini dilayani dengan total sekitar 15 orang Anak Buah Kapal (ABK).

Dalam pelayaran perdananya kemarin KMP Aceh Hebat 2 mengangkut total 280 orang penumpang, 80 unit sepeda motor dan 28 unit kendaraan, baik truk maupun mobil pribadi.

Tiap hari KMP Aceh Hebat 2 melayani lintas Ulee Lheue - Balohan dengan waktu keberangkatan dari Ulee Lheue - Balohan pukul 07.30 WIB lalu berangkat lagi dari Balohan - Ulee Lheue pukul 10.30 WIB.

“Tren pengguna jasa di lintas Ulee Lheue - Balohan banyak didominasi pejalan kaki dan kendaraan. Untuk kendaraan barang terdapat golongan IV, V dan VI yang biasanya membawa bahan makanan, elektronik dan material bangunan" tutur Shelvy.

Baca juga: Tiba di Aceh, KMP Aceh Hebat 2 mulai beroperasi medio Januari 2021

 


Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar