Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepas pengiriman vaksin COVID-19, Sinovac sebanyak 48.325 dosis ke 21 kabupaten dan kota di Aceh.

“Saya berharap vaksin dan perlengkapan lainnya ini dapat segera sampai di tujuan dan segera dimanfaatkan, agar penyebaran COVID-19 di Aceh dapat diturunkan,” katanya di sela-sela acara melepas distribusi vaksin di halaman depan Pendapo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan mobil-mobil tersebut akan mendistribusikan vaksin COVID-19 ke 21 kabupaten/kota di Aceh.

Ada pun paket yang akan dikirimkan berupa vaksin 48.325 dosis, Jarum suntik 48.325 pcs, Safety box 967 kotak, Alkohol swab 48.325 pcs, dan APD 3.150 set.

Baca juga: Dinkes: Banyak nakes di Aceh termakan hoaks vaksin COVID-19

Baca juga: Ketika ulama Aceh tak ragukan kehalalan vaksin COVID-19


Vaksin yang dikirim ke daerah tersebut dimuat ke dalam enam truk dan mendapat pengawalan ketat oleh aparat kepolisian.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif, menjelaskan vaksin tersebut akan didistribusikan ke 21 Kabupaten dan Kota yang belum menerima vaksin, khusus untuk Banda Aceh dan Aceh Besar sudah dilakukan pengiriman sebelumnya.

21 kabupaten dan kota yang akan menerima distribusi vaksin adalah Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Tamiang, Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Selatan, Subulussalam, Singkil, Simeulue dan Sabang.

"Vaksinasi akan dilakukan di 359 puskesmas seluruh Aceh dan di 27 Rumah Sakit," kata Hanif.*

Baca juga: MPU se Aceh sepakat vaksinasi Sinovac suci dan halal

Baca juga: Wilayah kepulauan Aceh butuh 100 ribu lebih vaksin COVID-19


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021