... seluruh pejabat agar selalu saling bekerja sama, agar fungsi dan tugas pokok Lantamal VIII dapat terlaksana secara baik...
Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, Kolonel Marinir I Wayan Ariwijaya, mengingatkan para komandan pangkalan TNI AL di jaajarannya itu tetap bekerja dengan maksimal sesuai tugas dan fungsi jabatannya.

"Kepada seluruh pejabat agar selalu saling bekerja sama, agar fungsi dan tugas pokok Lantamal VIII dapat terlaksana secara baik," kata dia saat taklimat perdana kepada para pejabat dan seluruh personel Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, di Manado, Senin.

Baca juga: KRI Kakap-881 disiagakan di Teluk Manado

Ariwijaya belum lama ini memangku tugas dan tanggung jawab sebagai komandan Pangkalan Utama TNI AL/Manado. Ia mengatakan, tugas pokok jajaran yang dia pimpin adalah menyelenggarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi maupun dukungan khusus bagi unsur unsur TNI AL, meliputi kapal perang, pesawat udara TNI AL, dan Koprs Marinir TNI AL.

Inilah inti dari Sistem Senjata Armada Terpadu TNI AL yang dianut dan dilaksanakan mereka selama ini. Adapun Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado merupakan satuan teritorial TNI AL paling utara yang ada di Tanah Air, berhadapan dengan Laut Sulu di perbatasan Laut Sulawesi, Laut Maluku, dan Selat Makassar sebagai ALKI III. 

"Melaksanakan operasi dan melaksanakan pemberdayaan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun instansi terkait di wilayahnya. Kemampuan dukungan ini biasa dikenal dengan fungsi 5R yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest, and Recreation," katanya.

Baca juga: Komandan Pangkalan TNI AL VIII/Manado sambut delegasi Filipina

Pada kesempatan itu dia menegaskan seluruh personel agar dalam masa pandemi Covid-19 tetap menjaga kesehatan, melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dengan melaksanakan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain itu, dengan kondisi cuaca ekstrem yang saat ini terjadi di Sulawesi Utara dan sekitarnya, seluruh personel di jajaran Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado selalu siaga apabila terjadi bencana, baik di lingkungan pangkalan dan apabila diminta bantuan oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah setempat dan masyarakat.

Baca juga: Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado tingkatkan potensi maritim

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, Kolonel Pelaut Endra Sulistiyono, para asisten komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, para komandan Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, para komandan Pangakalan TNI AL di lingkungan satuan itu, pada kepala dinas dan kepala satuan kerja, komandan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan VIII/Bitung, dan lain-lain. 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021