Jakarta (ANTARA) - Facebook mengatakan akan mulai meluncurkan pemberitahuan untuk pengguna iPhone secara global tentang bagaimana data mereka digunakan untuk iklan yang dipersonalisasi, dalam upaya untuk memenuhi perubahan kebijakan privasi Apple.

Perubahan kebijakan tersebut menurut Facebook akan merugikan bisnis periklanan miliknya.

Facebook, dikutip Reuters, Selasa, akan memunculkan notifikasi pada layar iPhone yang akan akan meminta pengguna Facebook dan Instagram untuk mengizinkan aplikasi dan situs web mereka digunakan untuk iklan yang dipersonalisasi.

Langkah itu disebut pula sebagai bagian untuk "mendukung bisnis yang mengandalkan iklan untuk menjangkau pelanggan."

Raksasa media sosial tersebut telah melakukan perlawanan publik terhadap rencana Apple yang meminta pengguna iPhone untuk memberi izin terlebih dahulu pada aplikasi yang akan melacak mereka dengan memunculkan notifikasi.

Notifikasi tersebut berbunyi "ada pertukaran antara iklan yang dipersonalisasi dan privasi," dan mengatakan bahwa hal itu akan merugikan bisnis kecil yang mengandalkan iklan Facebook.

Apple mengatakan notifikasi pemberitahuan privasi akan mulai muncul di sebagian besar iPhone dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Dewan Facebook buka diskusi publik untuk kasus akun Trump

Baca juga: Facebook kembangkan alat baru cegah pendompleng iklan

Baca juga: Tim Cook mengkritik media sosial

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021