Berfoto dengan manekin berkostum Nazi, Sowon GFRIEND minta maaf

id sowon gfriend,gfriend,big hit entertainment

Berfoto dengan manekin berkostum Nazi, Sowon GFRIEND minta maaf

Personel grup idola K-pop GFRIEND, Sowon. ANTARA/Instagram/gfriendofficial.

Jakarta (ANTARA) - Tim manajemen personel grup K-pop GFRIEND, Sowon, meminta maaf atas foto yang menampilkan anggota girl grup populer itu berpose penuh kasih dengan manekin berpakaian seperti tentara Nazi.

Sowon, 25, sebelumnya telah mengunggah gambar dirinya meringkuk ke boneka berkostum Nazi ke Instagram-nya. Foto yang kini sudah dihapus itu menimbulkan kecaman dari warganet.

"Kami sangat meminta maaf atas fakta bahwa video di balik layar artis GFRIEND kami ... dan foto yang diunggah oleh Sowon menyebabkan kontroversi," kata Source Music dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke Weverse, aplikasi penggemar Big Hit, dikutip pada Selasa.

"Pelukan" kontroversial itu terjadi selama syuting video band November lalu di sebuah kafe di kota Paju, Korea Selatan, dan juga muncul dalam konten video resmi yang dirilis pada Desember, menurut Source Music - yang diakuisisi pada 2019 oleh Big Hit Entertainment, agensi boy band BTS.

Syuting November dijalankan oleh "perusahaan produksi outsourcing" dan staf "tidak merasakan masalah dengan pakaian manekin itu," jelas Source Music.

"Kami mohon maaf karena tidak dapat mengonfirmasi sebelumnya bahwa ada alat peraga yang tidak pantas di lokasi pengambilan gambar, tidak dapat memeriksa konten secara menyeluruh selama proses pengambilan dan pengunggahan, dan tidak memperhatikan fakta sejarah dan masalah sosial," kata agensi.

Baca juga: Lima tahun berkarier, ini perubahan yang dirasakan grup K-pop GFRIEND

Dalam gambar tersebut, manekin tampaknya tidak mengenakan ban lengan swastika merah Nazi yang mudah dikenali, tetapi mengenakan apa yang tampak seperti seragam militer Jerman dari masa pemerintahan Hitler.

Meskipun Sowon, yang memiliki lebih dari 800 ribu pengikut Instagram, belum secara langsung menangani masalah tersebut, Source Music mengatakan dia "sangat terkejut" dan "segera" menghapus unggahannya "ketika dia memahami pentingnya gambar tersebut."

"Dia sangat sedih dan merasa sangat bertanggung jawab karena telah mengunggahnya," katanya.

Sejak ia mengunggah foto Nazi, media sosial Sowon dibanjiri komentar-komentar kemarahan.

Banyak yang mendorong permintaan maaf yang lebih langsung dari sang bintang, seperti salah satu Instagrammer yang kecewa yang menulis, "Perusahaan Anda meminta maaf, tetapi di mana permintaan maaf Anda? Anda seorang idola, mengakui kesalahan Anda."

Namun, banyak dari penggemar yang juga memberikan dukungan agar Sowon bisa belajar dari kesalahannya kali ini.

Ini bukan pertama kalinya sebuah kelompok yang didukung Big Hit memicu kontroversi terkait Nazi. Pada tahun 2018, kritik menyebar ketika sebuah foto muncul dari seorang anggota band BTS yang mengenakan topi yang menampilkan logo Death's Head dari Nazi S.S., yang menjalankan kamp konsentrasi yang mematikan.

Big Hit kemudian mengungkapkan "permintaan maaf yang tulus" karena "secara tidak sengaja menimbulkan rasa sakit dan kesusahan bagi siapa pun".

Sowon adalah anggota tertua dari grup GFRIEND, bersama rekannya Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Umji.

Grup ini memulai debutnya pada tahun 2015 dan telah merilis empat album studio hingga saat ini, yang terbaru adalah "Walpurgis Night" yang rilis pada November lalu.

Baca juga: Sabtu sore bersama GFRIEND, lewat konser spesial"G C:ON"

Baca juga: Sore ini, GFRIEND gelar konser sekaligus tampilkan lagu unit grup

Baca juga: GFRIEND pilih Jakarta atau Bali? Nasi goreng atau mi goreng?

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar