Warga serahkan senjata api kepada Satgas Yonarmed 3/105 Tarik

id satgas pamtas,atambua,belu,perbatasan

Warga serahkan senjata api kepada Satgas Yonarmed 3/105 Tarik

Seorang warga menyerahkan sepucuk senjata api kepada Satgas Yonarmed 3/105 Tarik. ANTARA/HO-Satgas Yonarmed 3/105 Tarik/am.

Kupang (ANTARA) - Warga Dusun Oelbinose, Desa Tasinifu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, menyerahkan secara sukarela sepucuk senjata api kepada Satgas Yonarmed 3/105 Tarik, Selasa.

"Terjalinnya hubungan baik antara Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dan masyarakat perbatasan membuahkan hasil berupa penyerahan secara sukarela kepemilikan satu pucuk senjata api jenis Springfield dari YT (43), warga Dusun Oelbinose, Kecamatan Mutis," kata Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm. Laode Irwan Halim.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kupang, Letkol Arm. Laode Irwan Halim mengatakan bahwa penyerahan kepemilikan senjata api tersebut merupakan wujud kepercayaan masyarakat perbatasan kepada Satgas TNI yang selama ini telah dapat memberikan manfaat kehadirannya bagi masyarakat setempat.

"Banyaknya kegiatan kemanusiaan yang dilakukan anggota Satgas TNI," kata Laode Irwan Halim.

Baca juga: Prajurit TNI ajarkan wawasan kebangsaan kepada anak di perbatasan

Dansatgas Yonarmed 3/105 mengatakan bahwa Satgas TNI selalu berupaya mencari solusi dari setiap masalah di tengah masyarakat. Selain itu, berinteraksi secara kekeluargaan sehingga membuat masyarakat setempat terbantu dan tertolong.

Menurut dia, YT mengenal baik Danpos Oelbinose Sertu Ahmad Kurnia dan anak buahnya. Kebetulan mereka banyak membantu keluarganya, bahkan sudah dianggap sebagai keluarga sendiri.

"Bantuan-bantuan dari personel kami kepada keluarga inilah yang mendorong YT menyerahkan senjata api yang selama ini disimpannya," kata Laode.

YT sudah tidak asing dengan seluruh anggota Pos Oelbinose karena semua sudah pernah datang ke rumahnya.

Jika mengalami masalah, YT pun tidak ragu-ragu meminta bantuan ke pos, bahkan dalam kesehariannya Sertu Ahmad Kurnia biasa datang membantu YT bercocok tanam di ladang.

"Waktu itu YT bersama keponakannya tiba-tiba datang ke pos dengan tujuan menemui langsung Danpos Oelbinose. Setelah bertatap muka, YT mengatakan ingin menyerahkan senjata api yang masih disimpannya dan ingin langsung memberikannya kepada Danpos," katanya menjelaskan.

Baca juga: DPD RI minta Satgas Pamtas RI-Malaysia bersinergi jaga perbatasan

YT mengatakan bahwa Satgas Yonarmed 3/105 Tarik sudah banyak membantu masyarakat setempat.

Keramahan anggota Satgas TNI dengan masyarakat selama ini, kata dia, makin menambah kedekatan dan keakraban tersebut.

"Saya serahkan senjata ini kepada Bapak TNI, saya ikhlas memberikan warisan orang tua saya ini karena selama ini Bapak TNI sudah banyak sekali membantu saya dan keluarga saya. Anggaplah ini sebagai balas budi saya kepada TNI," ucap YT saat berkunjung ke Pos TNI.

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar