Jakarta (ANTARA) - Wolverhampton membukukan kemenangan 2-1 atas Arsenal yang harus menuntaskan pertandingan dengan sembilan pemain dalam laga pekan ke-22 Liga Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Rabu dini hari WIB.

Arsenal yang sempat unggul berkat gol Nicolas Pepe mengalami kerugian besar ketika David Luiz diganjar kartu merah menjelang turun minum sehingga memberi kesempatan Wolverhampton menyamakan kedudukan melalui penalti Ruben Neves dan berbalik menang berkat gol Joao Moutinho.

Arsenal bertambah sulit untuk bangkit ketika kiper mereka Bernd Leno juga mendapatkan kartu merah pada menit ke-72 sehingga menghentikan perjalanan tujuh laga tak pernah tim Mikel Arteta.

Wolverhampton yang kembali ke jalur kemenangan setelah delapan pertandingan naik ke urutan ke-13 klasemen dengan koleksi 26 poin, sedangkan Arsenal yang mengumpulkan 31 poin tertahan pada posisi ke-10, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Palace perpanjang tren buruk Wolverhampton

Arsenal mengawali pertandingan dengan sangat baik dan hampir membuka keunggulan dalam menit pertama, tetapi tembakan Bukayo Saka membentur tiang gawang dan tiga menit kemudian peluang Saka lainnya dimentahkan oleh kiper Rui Patricio.

Pada menit kedelapan, Saka akhirnya menjebol gawang tuan rumah, tetapi gol itu dianulir karena Alexandre Lacazette sudah lebih dulu offside saat proses serangan terjadi.

Tanda-tanda keberuntungan tak berpihak kepada Arsenal semakin terlihat ketika tembakan Pepe menyelesaikan umpan Emile Smith Rowe tetapi bisa ditepis Patricio dan membentur mistar gawang pada menit ke-25.

The Gunners mengatasi keadaan saat membuka keunggulan tujuh menit kemudian disokong aksi gemilang Pepe melewati hadangan Nelson Semedo dan Neves sebelum melepaskan tembakan ke area tiang jauh.

Petaka bagi Arsenal terjadi pada menit ketiga injury time babak pertama saat Luiz menjegal Willian Jose dari belakang ketika pemain pinjaman Wolverhampton itu bersiap berhadapan satu lawan satu dengan Leno yang segera disambut kartu merah dari wasit Craig Pawosn dan tuan rumah pun mendapatkan hadiah tendangan penalti.

Neves dengan dingin memperdaya Leno ketika mengeksekusi tendangan penaltinya guna membawa Wolverhampton menyamakan kedudukan saat turun minum.

Baca juga: Arteta: terlalu dini coret Arsenal dari persaingan empat besar

Momentum 11 lawan 10 dimanfaatkan Wolverhampton ketika pada menit ke-49 Moutinho melepaskan tembakan jarak jauh yang tak terjangkau Leno guna membawa tuan rumah berbalik mengungguli Arsenal.

Arsenal yang sudah kewalahan untuk bangkit kian dipersulit ketika pada menit ke-72 Leno terlanjur keluar dari kotak penalti dan menangkap bola untuk menghadang peluang Wolverhampton yang langsung diganjar kartu merah.

Kendati bermain dengan sembilan pemain, Arsenal berusaha keras bangkit tetapi peluang terakhir mereka untuk membalas melalui Pierre-Emerick Aubameyang dan Saka tak mampu melewati barisan pertahanan Wolverhampton.

Arsenal akan main lebih awal untuk pertandingan selanjutnya Sabtu pekan ini saat bertandang ke markas Aston Villa, sedangkan Wolverhampton kembali tampil di kandang sendiri sehari kemudian dengan menjamu Leicester City.

Baca juga: Dilepas Arsenal, Shkodran Mustafi resmi gabung Schalke 04
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool jaga momentum dan rebut posisi ketiga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021