saya masih belum tahu Medco Group ini akan partisipasi lebih jauh di mananya di rantai bisnis mobil listrik ini. Tapi yang jelas, kami komit
Jakarta (ANTARA) - PT Medco Power Indonesia (MPI) mengaku ingin terjun dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik secara menyeluruh setelah secara resmi meluncurkan program Electric Vehicle Ecosystem, Jumat.

Presiden Direktur Medco Power Indonesia Eka Satria dalam acara peluncuran secara virtual, Jumat, menjelaskan Medco juga akan masuk dalam rantai bisnis kendaraan listrik, mulai dari penyediaan kendaraan, hingga perawatan dan pengisian dayanya.

"Salah satu kesulitan untuk memulai ekosistem (EV) itu banyak pertanyaan, charging station bagaimana, mobilnya bagaimana, perawatan bagaimana dan lain sebagainya. Di sini kami coba menawarkan salah satu bentuk solusi yang end-to-end. Dimulai dengan pengadaan mobilnya, charging station-nya, perawatan juga nanti dengan IT solution," katanya.

Sebagai langkah awal pengembangan ekosistem kendaraan listrik itu, Medco Power mulai dengan menyediakan charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Energy Building, SCBD, Jakarta.


Baca juga: Medco pasang SPKLU untuk "charging" kendaraan listrik di SCBD


"Sudah ada stasiun pengisian listrik di sini, jadi kalau ada teman-teman yang punya kendaraan listrik di Sudirman, bisa mampir untuk mengisi di sini, tapi kami juga nanti coba tawarkan solusi kendaraannya, perawatannya maupun charging-nya. Jadi merupakan ekosistem keseluruhan," katanya.

Eka mengatakan SPKLU merupakan salah satu bagian dari rangkaian ekosistem EV yang akan dikembangkan perusahaan. Namun, karena model bisnis tersebut masih baru, ia mengaku masih terus melakukan pembahasan dengan pemerintah dan PLN untuk melakukan ekspansi.

Namun, ia menambahkan, perusahaan nantinya akan fokus di daerah operasi mereka.

"SPKLU merupakan salah satu rangkaian ekosistem. SPKLU ini bisnis yang cukup baru, jadi masih banyak diskusi yang harus dibicarakan dengan instansi terkait, PLN, pemerintah. Nantinya kita akan fokus di daerah operasi kami, lalu nanti juga akan tawarkan solusi ini ke perusahaan lain dan akan terbuka buat umum," katanya.


Baca juga: Pertamina mulai produksi baterai listrik untuk sepeda motor


Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro menuturkan pihaknya mendukung penuh pemerintah dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Inisiatif pengembangan ekosistem EV akan dikembangkan lebih luas di seluruh anak usaha Medco Group.

"Terus terang saya masih belum tahu Medco Group ini akan partisipasi lebih jauh di mananya di rantai bisnis mobil listrik ini. Tapi yang jelas, kami komit. Insya Allah dari situ kita bisa menghasilkan inisiatif dan kesempatan bisnis yang kami, sebagai perusahaan energi, bisa berpartisipasi lebih jauh," katanya.



Baca juga: Konsorsium BUMN jajaki kerja sama 7 investor, kembangkan EV Battery

Baca juga: Tarik minat masyarakat ke KBLBB, pemerintah dukung aplikasi Charge.IN

Baca juga: Kementerian ESDM: 101 stasiun pengisian kendaraan listrik terbangun

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021