Jakarta (ANTARA) - Alexander Zverev melupakan kekalahan telak dari Novak Djokovic untuk mengakhiri impian Serbia mempertahankan gelar Piala ATP setelah memenangkan nomor ganda saat Jerman melaju ke semifinal turnamen tim itu di Melbourne, Jumat.

Jerman akan bertemu Rusia pada partai empat besar, sedangkan Spanyol ditantang Italia.

Zverev yang kalah 6-7 (3) 6-2 7-5 dalam nomor tunggal melawan petenis nomor satu dunia Djokovic pada hari yang sama, turun berpasangan dengan Jan-Lennard Struff untuk menang 7-6 (4) 5-7 (10-7) melawan duet Djokovic - Nikola Cacic di Rod Laver Arena.

"Saya cukup frustrasi pada cara pertandingan tunggal berakhir," kata Zverev seperti dikutip Reuters. "Tetap itu itu memberi saya waktu."

Baca juga: Djokovic dan Nadal awali musim 2021 dengan bertanding di ATP Cup

"Kami berdua bermain bagus," tambah dia tentang pertandingan ganda bersama Struff yang mengalahkan Dusan Lajovic 3-6 6-3 6-4 pada laga tunggal pembuka.

Kemenangan 11 berturut-turut Djokovic dalam turnamen tim ini terpatahkan, dan dia tak akan lagi menghadapi laga latihan sebelum mempertahankan gelar juara Australian Open.

"Saya kesal karena kami kalah, hanya itu yang bisa saya katakan, saya tidak memikirkan Australian Open atau apapun," kata Djokovic.

Baca juga: Nadal mundur dari ATP Cup karena masalah punggung saat lawan Australia

Mengingat Rafa Nadal masih absen karena masalah punggung, Pablo Carrena Busta memimpin Spanyol ke babak empat besar setelah menang 6-3 6-4 melawan petenis Yunani Michail Pervolarakis di John Cain Arena.

Meski tersingkir, Yunani menang dengan skor 2-1 setelah Stefanos Tsitsipas mengalahkan Roberto Bautista Agut 7-5 7-5.

Spanyol berhenti setelah kalah pada pertandingan pembuka nomor ganda sehingga memastikan kemenangan Yunani.

Dalam pertarungan sengit Austria melawan Prancis, harapan petenis nomor tiga dunia Dominic Thiem untuk berlatih lebih lama pupus ketika lawannya dari Prancis Benoit Paire mundur saat tertinggal 1-6.

Baca juga: Barty bakal hadapi Williams di semifinal pemanasan Australia Open
Baca juga: Semua petenis di Hyatt bebas COVID-19, aman ikuti Australian Open

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021