Kami siap berkolaborasi membantu Menparekraf Sandiaga Uno untuk memperbaiki kondisi toilet di tempat pariwisata
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Satgas Toilet Indonesia (STI) segera memperbaiki toilet-toilet di destinasi wisata Tanah Air.

Menparekraf dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, merespons positif arahan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang ingin toilet di tempat wisata dibenahi.

Untuk itu, Menparekraf berencana membentuk satuan tugas (satgas) toilet nasional sebagai salah satu bagian untuk meningkatkan daya tarik pariwisata nasional.

Baca juga: Agar wisatawan nyaman, Kemenparekraf revitalisasi toilet pura di Bali

Salah satu organisasi masyarakat bernama Satgas Toilet Indonesia (STI) mendukung rencana Menparekraf untuk memperbaiki kondisi toilet di daerah kunjungan wisata.

"Kami siap berkolaborasi membantu Menparekraf Sandiaga Uno untuk memperbaiki kondisi toilet di tempat pariwisata," ujar Ketua STI Anthoney.

Menurut Anthoney, STI didirikan oleh masyarakat yang peduli dengan kebersihan pariwisata. Anggotanya terdiri atas tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, mahasiswa, praktisi media dan akademisi.

Tujuan pendirian STI, lanjut Anthoney, untuk memberi masukan kepada pemerintah dan stakeholder terkait tentang daerah-daerah yang perlu mendapat skala prioritas di awal untuk memperbaiki kondisi toilet.

"Kami sudah studi ke lapangan dan menemukan ada lima daerah wisata di Indonesia yang bisa menjadi pilot project memasyarakatkan Gerakan Masyarakat Cinta Toilet yang bersih," ujar Anthoney.

Sementara, Sekjen STI Ismail Nursaleh mengatakan latar belakang pembentukan STI ini dikarenakan perlunya partisipasi masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam melakukan kampanye masif pentingnya memunculkan gerakan masyarakat cinta toilet yang bersih dan sehat.

Ismail mengatakan, di banyak daerah wisata, masih banyak toilet yang belum memiliki fasilitas khusus bagi masyarakat disabel yang memakai kursi roda. Jadi, pihaknya juga akan mendorong pemerintah untuk memberi perhatian guna menyediakan fasilitas toilet khusus kepada penyandang disabel ini.

"Gerakan masyarakat peduli toilet bersih dan sehat ini untuk merespons positif ajakan Menparekraf Sandiaga Uno untuk melibatkan masyarakat luas membantu pemerintah," katanya.

Baca juga: Kemenparekraf revitalisasi toilet destinasi di Bali agar penuhi CHSE
Baca juga: Peringati Hari Toilet Sedunia, LIPI: Isu sanitasi masalah serius

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021