Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC/Pusat Promosi Dagang Indonesia) di Mexico City memfasilitasi kerja sama bisnis antara masing-masing dua  perusahaan Indonesia dan Meksiko.

Kerja sama itu merupakan realisasi upaya peningkatan ekspor Indonesia pada awal 2021, menurut keterangan KBRI Mexico City yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kerja sama yang dimaksud adalah ekspor produk furnitur dan penandatangan kerja sama pemasaran kain/tekstil Bali di Meksiko.

Satu kontainer produk furnitur/dekorasi rumah buatan Indonesia diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada 4 Februari 2021 menuju Kota Monterrey, Meksiko.

Di Monterrey, nantinya produk-produk yang sebagian besar berasal dari Jawa Barat tersebut itu akan dipajang dan dijual di sebuah rumah galeri, yang selama ini mengambil produk-produk dekorasi rumah tangga dari Amerika Serikat.

Sementara itu pada 3 Februari 2021, telah dilakukan penandatanganan secara virtual Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama bisnis antara PT. Asia Garmen Internasional (Indonesia) dengan Pareos Del Mar (Meksiko).

Berdasarkan kesepakatan itu, Pareos Del Mar akan menjadi agen representatif produk-produk PT. Asia Garmen Internasional di Meksiko.

Kerja sama itu memberi peluang bagi produk Indonesia untuk dipasarkan lebih luas di Mexico.

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Meksiko Cheppy T. Wartono dan Direktur Pengembangan Promosi dan Citra pada Kementerian Perdagangan RI Tuti Prahastuti, kata KBRI Mexico City.

Baca juga: Sertifikasi halal jadi tantangan ekspor Meksiko ke Indonesia

Baca juga: Produk Automation Robotic Indonesia Bersaing di Pasar Meksiko


 

Piramida paling terkenal di Meksiko kembali dibuka untuk wisatawan


 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021