Khamenei tegaskan Iran berhenti kembangkan nuklir jika AS cabut sanksi

id Ayatollah Ali Khamenei,perjanjian nuklir Iran 2015,AS keluar dari perjanjian nuklir Iran,konflik AS dan Iran,sanksi AS untuk Iran

Khamenei tegaskan Iran berhenti kembangkan nuklir jika AS cabut sanksi

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan ceramah virtual, pada peringatan hari lahir Nabi Muhammad, di Teheran, Iran, Selasa (3/11/2020). /Official Khamenei Website/Handout via REUTERS/HP/djo (VIA REUTERS/HANDOUT)

Dubai (ANTARA) - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Minggu mengatakan Amerika Serikat harus mencabut seluruh sanksi jika Washington ingin Teheran menghentikan program pengembangan nuklirnya.

"Iran telah memenuhi seluruh kewajibannya sebagaimana diatur dalam perjanjian nuklir 2015, sementara AS dan tiga negara Eropa lainnya tidak ... Jika mereka ingin Iran kembali memenuhi janjinya, AS harus mencabut seluruh sanksi lebih dulu," kata Khamenei sebagaimana dikutip dari unggahannya di Twitter.

"Setelah kami memastikan seluruh sanksi telah dicabut, maka kami akan kembali mengikuti isi perjanjian," kata dia.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang resmi menjabat bulan lalu, mengatakan jika Teheran tunduk terhadap pakta nuklir 2015, maka Washington akan mencabut seluruh sanksi dan menjadikan itikad baik itu sebagai dasar negosiasi perjanjian baru.

Rencana negosiasi itu kemungkinan bertujuan menghentikan program pengembangan misil Iran dan membatasi aktivitas militernya di kawasan.

Pendahulu Biden, Donald Trump, pada 2018 mengeluarkan AS dari pakta nuklir yang disepakati oleh Iran dan enam negara kuat lainnya. Pemerintah AS, semasa dipimpin Trump, kembali menjatuhkan sanksi untuk Iran.

Iran pun membalas aksi AS dengan melanggar beberapa ketentuan pakta nuklir secara bertahap. Namun, Pemerintah Iran mengatakan pihaknya dapat segera menghentikan aktivitas pengembangan nuklirnya jika Washington mencabut sanksi untuk Teheran.

Sumber: Reuters
Baca juga: Khamenei sebut sanksi AS memaksa Iran menjadi "mandiri"
Baca juga: Khamenei : Iran miliki Angkatan Udara tangguh walaupun ditekan AS
Baca juga: Iran minta AS kembali bergabung dalam pakta nuklir sebelum 21 Februari

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar