Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barcelona Ronald Koeman membela keputusannya untuk mengistirahatkan para pemain kunci termasuk Lionel Messi dalam kemenangan 3-2 atas Real Betis di La Liga pada Senin.

Koeman mengatakan bahwa ia ingin menjaga agar timnya tetap segar untuk pertandingan semifinal Copa del Rey mendatang melawan Sevilla.

Pelatih asal Belanda berusia 57 tahun itu mencadangkan beberapa pemain utama, seperti Messi, Frenkie de Jong dan Pedri, tetapi ketiganya harus turun untuk membalikkan keadaan setelah Borja Iglesias memberi Betis keunggulan pada babak pertama.

Messi menyamakan kedudukan dalam waktu dua menit setelah turun dari bangku cadangan dan berperan dalam gol kedua Barca, sedangkan Francisco Trincao mencetak gol kemenangan di menit ke-87.

"Di atas segalanya saya melakukan rotasi karena para pemain kelelahan," kata Koeman kepada wartawan yang dikutip Reuters usai pertandingan.

"Kami telah memainkan 11 pertandingan sepanjang tahun ini, 10 di antaranya adalah pertandingan tandang dan larut malam. Kami ke semifinal Copa del Rey, dan Sevilla adalah tim yang bagus sehingga kami harus melindungi pemain untuk memastikan kami tidak mendapatkan lebih banyak cedera."

Baca juga: Gol perdana Trincao bawa Barcelona tundukkan Betis 
Baca juga: Ronald Koeman: Sepak bola itu tidak adil, tetapi luar biasa 


Meski Copa del Rey tidak lebih prestisius dari La Liga dan Liga Champions penting bagi pendukung, Koeman memprioritaskan kompetisi musim ini karena timnya tertinggal dari Atletico Madrid dalam perburuan gelar liga Spanyol.

"Ini rute tercepat untuk memenangkan sesuatu yang sangat penting bagi kami. Namun, Barca harus memiliki mental juara di setiap pertandingan dan di setiap kompetisi," tambah Koeman.

Pelatih asal Belanda itu juga mengungkapkan bahwa ia telah setuju untuk mencadangkan Messi, dengan pemahaman bahwa ia akan memasukkan pemain Argentina itu bila tim dalam masalah.

"Saya sudah membahas dengan Leo untuk mengistirahatkannya kemarin dan kami setuju. Kami akan membawanya bila kami membutuhkannya. Ia masuk dan mengubah permainan, ia menghidupkan permainan kami," katanya.

"Barca adalah tim yang jauh lebih baik bersama Messi. Ia sangat efektif dan dia telah menghabiskan bertahun-tahun membuktikan bahwa ia adalah pemain penting untuk tim ini." 

Baca juga: Koeman sentil PSG tak sopan karena bahas Messi 
Baca juga: Barcelona susah payah singkirkan Granada menuju semifinal Copa del Rey 
Baca juga: Koeman akui Copa del Rey opsi tercepatnya raih trofi bersama Barcelona 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021