Ini merupakan tindak lanjut dari bingkai kerja sama 'kota kembar' yang telah terjalin antara Padang dengan Hildesheim, Jerman
Padang (ANTARA) - Tenaga ahli asal Jerman Michell Rohmann akan datang ke Padang, Sumatera Barat untuk mendampingi pelaksanaan program pengelolaan limbah Sungai Batang Arau pada Maret 2021

"Michel Rohmann merupakan tenaga ahli dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM) selaku ahl hidrologi yang berperan sebagai 'integrated expert' guna mendukung program pengelolaan limbah Sungai Batang Arau," kata Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Senin, usai mengikuti Rapat Koordinasi Sinergi Antar-Kementerian dan Lembaga Dalam Rangka Pemantauan Orang Asing dan Lembaga Asing.

Hendri menyampaikan terima kasih atas rencana kunjungan Michell Rohmann sebagai tenaga ahli yang akan memberikan transfer ilmu dan hal penting lainnya dalam upaya peningkatan kebersihan dan kualitas air sungai di Kota Padang.

"Ini merupakan tindak lanjut dari bingkai kerja sama 'kota kembar' yang telah terjalin antara Padang dengan Hildesheim, Jerman," katanya.

Ia menambahkan ahli Jerman itu dijadwalkan datang ke Padang pertengahan Maret 2021 dengan kontrak kerja minimal selama dua tahun terhitung dari awal masa kerja.

Ia berharap dengan kehadiran Michell Romann di Kota Padang dapat mewujudkam sungai yang bersih di Kota Padang.

"Beberapa waktu lalu secara virtual Michell Rohmann menyampaikan antusiasme dan ingin segera ke Kota Padang," ujarnya.

Saat ini, kata Hendri Septa, Sungai Batang Arau memang masih dalam kategori kelas 4 dan diharapkan nanti bisa naik menjadi kelas 2 sehingga dengan demikian, kawasan tersebut bisa dipercantik.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon berharap Michell Rohman mentransfer ilmu pengelolaan sungai mulai dari edukasi sampai teknis pelaksanaan pengelolaan limbah.

Kabag Kerja Sama Pemko Padang Erwin M menyampaikan pihaknya sudah melakukan persiapan kedatangan Michell Rohmann ke Kota Padang.

"Kami sudah menyiapkan fasilitas mulai dari ruangan kerja termasuk protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: DLH Padang ungkap Sungai Batang Arau paling tercemar

Baca juga: Tim Ahli dari Jerman bantu penataan Sungai Batang Arau Padang

Baca juga: DLH diminta serius selesaikan persoalan sampah Kota Padang


Baca juga: Padang siapkan Perda Kelas Sungai untuk atasi pencemaran

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021