Kegiatan perdana evakuasi OTG COVID-19 korban banjir ini dilakukan di RW 19 dan RW 21 Perumahan Trias Estate, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung saat banjir mulai surut.
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Sebanyak enam orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 yang menjadi korban banjir dievakuasi petugas dari Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menuju hotel isolasi terpusat di daerah itu.

"Kami mulai mengevakuasi mereka. Di Kecamatan Cibitung ada enam OTG COVID-19 yang kami pindahkan ke Hotel Ibis Cikarang," kata Wakil Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Komisaris Besar Polisi Hendra Gunawan di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan perdana evakuasi OTG COVID-19 korban banjir ini dilakukan di RW 19 dan RW 21 Perumahan Trias Estate, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung saat banjir mulai surut.

Hendra Gunawan yang juga Kapolres Metro Bekasi itu menjelaskan saat melakukan evakuasi pihaknya dibantu petugas kesehatan dari Puskesmas Kelurahan Wanasari serta dokter khusus Polres Metro Bekasi.

"Hotel Ibis Cikarang sejak tahun lalu memang sudah disiapkan pemerintah untuk menampung warga yang terpapar poisitif COVID-19 tanpa gejala. Tahun ini pemerintah menambah kapasitas 100 bed lagi untuk warga OTG yang juga menjadi korban banjir," katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan petugas terlebih dahulu menunggu banjir di lokasi itu surut sebelum melakukan evakuasi warga OTG.

Saat keluar dari rumah menuju mobil ambulans, pasien COVID-19 itu diberi dukungan mental dan semangat oleh para tetangga, serta jajaran pemerintah daerah, kepolisian dan TNI.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan selain di wilayah Kecamatan Cibitung, evakuasi OTG COVID-19 yang menjadi korban banjir juga akan dilakukan di lokasi lain.

"Seluruh korban banjir yang sedang isolasi mandiri katagori OTG dan kontak erak wajib dievakuasi. Ini baru permulaan, selanjutnya kami akan melakukan evakuasi serupa di wilayah lain," katanya.

Baca juga: Bekasi buka hotel khusus OTG terdampak banjir

Baca juga: Banjir rendam 12 kecamatan di Kabupaten Bekasi

Baca juga: Samsat Bekasi beri kemudahan urus surat kendaraan korban banjir


Baca juga: Kabupaten Bekasi klaim siap hadapi banjir

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021