PWI: HPN 2021 momentum perbaharui komitmen pers

id Ketua pwi atal s depari, hpn 2021, pers nasional

PWI: HPN 2021 momentum perbaharui komitmen pers

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari yang juga Penanggung Jawab HPN serta Sekretaris Jenderal PWI Pusat Mirza Zuhaldi, di Jakarta, Rabu (02/09/2020).ANTARA/Ho-PWI Pusat

Jakarta (ANTARA) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari mengatakan peringatan Hari Pers Nasional 2021 merupakan momentum memperbaharui komitmen pers nasional.

"Hari Pers Nasional sebuah peringatan, selain sebagai bentuk rasa syukur sekaligus momentum memperbaharui komitmen pers sebagai mulut, telinga, mata, otak, hati dan jiwa bangsanya," ujar Atal dalam pidatonya pada peringatan Hari Pers Nasional 2021, di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan di tengah pandemi yang melanda umat manusia di muka bumi termasuk Indonesia, komitmen itu semakin relevan, sebab tidak hanya jiwa raga negara, bangsa dan masyarakat yang sakit, melainkan pers dan media pun sedang sakit.

Baca juga: PWI berikan penghargaan kepada Gubernur Bali

Baca juga: PWI usulkan Aceh tuan rumah HPN 2022


"Tapi pers dan media dituntut oleh tugas kemanusiaannya menjadi jembatan komunikasi dan informasi," kata dia.

Dia mengatakan oleh Dewan Pers bersama Satgas COVID-19, wartawan selama pandemi telah diterjunkan sebagai ujung tombak perubahan perilaku agar masyarakat sadar protokol kesehatan.

Di sisi lain pers mengalami krisis eksistensi akibat disrupsi digital, bersamaan semakin kuatnya penetrasi bisnis perusahaan platform digital Indonesia dan dunia.*

Baca juga: Anies hargai pers terus bekerja saat pandemi meski tinggalkan keluarga

Baca juga: Anies sebut pers berperan jembatani pemerintah atasi COVID-19

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar