Penguatan desa kunci penguat ketahanan ekonomi bangsa, kata Mendagri

id Kemendagri, Kemendes PDTT, Penguatan Desa, Ketahanan Bangsa,aa

Penguatan desa kunci penguat ketahanan ekonomi bangsa, kata Mendagri

Mendagri Tito Karnavian. ANTARA/Handout/aa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan upaya memperkuat pembangunan desa menjadi salah satu kunci untuk memperkuat ketahanan ekonomi bangsa, terutama di tengah pandemi COVID-19.

"Kalau desa-desa bisa mandiri dan mereka bisa membuat sentra-sentra ekonomi baru, maka kota tidak akan kolaps ketika ada satu daerah menghadapi satu tekanan seperti pandemi," katanya dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) lintas kementerian antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kemendagri untuk meningkatkan kapasitas SDM di desa, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pandemi COVID-19 merupakan tantangan bagi ketahanan bangsa saat ini karena pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga melemahkan perekonomian, kemanusiaan, sosial dan sektor-sektor lain.

Dalam upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi, maka pembangunan desa bisa menjadi salah satu solusi karena pembangunan ekonomi yang ada selama ini lebih terpusat di perkotaan, sementara pandemi banyak terjadi di daerah perkotaan.

"Pandemi ini banyak terjadinya di perkotaan karena kepadatan penduduk tertinggi adalah di kota, sehingga penularan banyak terjadi di kota," katanya.

Untuk itu, jika pengetatan pada daerah yang menjadi sentra ekonomi dilakukan untuk menurunkan kasus COVID-19, maka upaya pembangunan di desa bisa menjadi alternatif untuk mendorong pemulihan ekonomi.

"Kita sudah terlalu fokus pada pembangunan di Pulau Jawa, sehingga akibatnya, begitu daerah-daerah sentra ekonomi itu diperketat, kegiatan ekonomi turun, dan itu akan memengaruhi suplai daerah-daerah di luar Jawa. Itu persoalan," katanya.

Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan ketahanan nasional, terutama di tengah pandemi COVID-19, bisa diupayakan dengan memperkuat pembangunan di desa.

"Jadi desa-desa ini bisa jadi pusat-pusat ekonomi, sehingga ketika menghadapi persoalan pandemi, saya pikir upaya kita memperkuat desa bisa menjadi salah satu kunci dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi bangsa kita, karena ekonomi adalah sendi bangsa," demikian Tito Karnavian.

 

Pewarta : Katriana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar