Esport akan terus berkembang dan Palembang akan memiliki atlet-atlet esport yang mumpuni
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan menyatakan serius untuk menjaring bibit-bibit atlet olahraga elektronik (esport) profesional dengan menggelar kompetisi dan akan melakukan pembinaan agar dapat berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

Ketua Umum Esport Indonesia (ESI) Palembang Fitrianti Agustinda, Rabu,di Palembang mengatakan pengembangan olahraga digital tersebut harus dilihat sebagai potensi baru bagi kalangan pemuda dalam menorehkan prestasi yang berdampak luas.

“Esport akan terus berkembang dan Palembang akan memiliki atlet-atlet esport yang mumpuni," katanya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar kompetisi esport kategori mobile game, game PC, dan game konsol, ia berharap para pegiat esport mengikuti kompetisi tersebut sehingga bibit atlet profesional segera terjaring.

Wakil Wali Kota Palembang itu optimistis atlet esport yang dibina akan mampu menorehkan prestasi, bahkan ia berencana memasukan esport ke dalam cabang Pekan Olahraga Tingkat Kota (Porkot) agar proses seleksi lebih ketat.

Hobi esport akhir-akhir ini mengalami peningkatan pesat dampak pembatasan aktifitas selama pandemi COVID-19, peningkatan itu harus disalurkan ke dalam kompetisi agar berdampak positif, kata dia.

"Namun tetap harus dibagi antara waktu bermain dan belajar, esport jangan sampai melalaikan pendidikan generasi penerus," tambahnya.

Sementara Ketua Umum ESI Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa mendukung langkah Palembang menjaring bibit atlet esport agar prestasi Indonesia dalam dunia esport internasional terus berlanjut.

"Saya juga berharap semua kabupaten/kota di Sumsel bergerak menjaring atlet esport profesional," kata Brigjen TNI Ruddy usai melantik 17 pengurus ESI kabupaten/kota Sesumsel.

Baca juga: Kemenpora berkomitmen dorong esports masuk dalam pembahasan UU SKN

Baca juga: IESPA Sumatera Selatan gelar PEC 2020

Baca juga: Sumsel siap gelar kualifikasi IES Indonesia Championship 2020



 

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021