Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Kolonel Penerbang Abram Tumanduk, mengatakan, pembinaan potensi dirgantara bertujuan membantu pemerintah mewujudkan komponen cadangan dan komponen pendukung matra dirgantara.

“Pembinaan ini meliputi bidang sumber daya manusia, sumber daya alam atau buatan, serta sarana prasarana dan minat dirgantara untuk dikembangkan menjadi komponen cadangan dan pendukung matra udara,” kata Tumamduk, pada kegiatan pengawasan dan evaluasi serta sosialisasi potensi dirgantara di Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi, di Manado. Rabu.

Ia mengatakan, Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi merupakan pangkalan udara di bawah Komando Operasi TNI AU II yang salah satu tugas pokoknya membina potensi kedirgantaraan di wilayah tugasnya.

Baca juga: TNI AU terus gali dan bina potensi dirgantara pada setiap daerah

Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf TNI AU, Marsekal Muda TNI Kusworo, dalam sambutannya dibacakan Paban VI Taswilud Spotdirga, Kolonel Pasukan Rolland DG Waha, mengatakan, personel TNI AU sebagai komponen utama dari kekuatan matra udara TNI selain menguasai penugasan bidang profesi juga diharapkan memiliki kemampuan teritorial aspek dirgantara.

Dengan demikian satuan pelaksana TNI AU dapat memanfaatkan potensi dirgantara yang ada di wilayahnya, guna mewujudkan kesamaan persepsi, pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam manajemen pembinaan potensi dirgantara.

Baca juga: Sultan : "JAS" potensi baru pengembangan pariwisata DIY

Sehingga, kegiatan pembinaan potensi dirgantara seluruh satuan kerja di jajaran TNI AU dapat berjalan secara maksimal. maka, dipandang perlu untuk melaksanakan pengawasan dan evaluasi serta sosialisasi pembinaan kemampuan potensi dirgantara.

"Kegiatan pengawasan dan evaluasi dan sosialisasi potensi dirgantara diharapakan menjadi sarana komunikasi, bertukar pikiran, dan saling memberi masukan baik antar satuan maupun dengan Spotdirga selaku eselon pembantu pimpinan di tingkat Markas Besar TNI AU," katanya
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021