Saya tidak bisa bilang kami pasti meraih emas
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menolak untuk sesumbar soal target medali emas SEA Games 2021 oleh PSSI.

"Saya tidak bisa bilang kami pasti meraih emas. Tujuan kami adalah bermain maksimal," ujar Shin di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Menurut pria asal Korea Selatan itu, yang bisa dilakukannya saat ini adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin.

Dia merasa yakin dengan potensi para pemainnya meski, di sisi lain, Shin menilai anak-anak asuhnya masih jauh dari cukup terutama soal kualitas fisik dan mental.

Baca juga: Shin Tae-yong panggil 36 pemain TC persiapan SEA Games 2021
Baca juga: PSSI: Shin belum berencana coret empat pemain absen TC timnas


"Kemampuan para pemain Indonesia tidak kalah dengan pemain Asia lainnya. Namun, mereka masih kurang dari sisi fisik dan mental sehingga kami perlu meningkatkannya agar pemain mencapai level atas," kata juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

PSSI memang sangat berhasrat untuk merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2021 demi mengulangi pencapaian serupa yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991.

Baca juga: Menpora terima peta jalan SEA Games 2021 dari PSSI

Indonesia hampir saja mengulang prestasi tersebut pada SEA Games 2019 di Filipina setelah tim yang ketika itu dilatih Indra Sjafri lolos ke final. Sayangnya, di partai puncak, Egy Maulana dan kawan-kawan takluk 0-3 dari Vietnam.

Timnas U-22 Indonesia tengah menjalani TC persiapan SEA Games 2021 di Jakarta pada 8-28 Februari 2021. Ini merupakan TC kedua setelah sebelumnya dilakukan pada Desember 2020.

Baca juga: PSSI sebut fisik pemain timnas SEA Games anjlok ke titik nol

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam.

Berdasarkan regulasi SEA Games tahun 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior yang berumur di atas 22 tahun.

Baca juga: Menpora gelar rapat koordinasi bersama Polri hingga PSSI bahas liga
Baca juga: Kemenpora, PSSI, dan Polri bertemu tapi tak ada keputusan apa pun
Baca juga: Menpora minta masyarakat bersabar soal nasib sepak bola

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021