Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Sean Gelael bersama dengan Stoffel Vandoorne (Belgia) akan menjadi gacoan tim Jota Sport pada ajang Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 pekan pertama di Dubai Autodrome, Uni Emirat Arab akhir pekan ini.

Tim Jota Sport, berdasarkan keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, sebenarnya memiliki tiga pebalap. Selain Sean dan Stoffel ada satu nama lagi yakni pebalap asal Inggris Tom Blomqvist. Setiap tim boleh memakai tiga pebalap, namun Jota memakai dua saja. Duet Sean/Tom baru tampil di Abu Dhabi.

Pasangan Sean/Stoffel memulai free practice Kamis (11/2) ini. Mereka akan terus tampil hingga ALMS pekan pertama menyelesaikan dua race pada Sabtu dan Minggu.

Mereka bertekad untuk tampil kompak agar hasil maksimal bisa diraih. Balapan ketahanan memang butuh kekompakan crew (tim pebalap), karena mereka bergantian menggeber mobil dan merancang kemungkinan strategi yang dipakai sejak free practice, di mana keduanya juga bergantian memakai mobil yang sama.

ALMS adalah balapan ketahanan mobil dengan sistem mixed-class racing, alias dalam satu balapan terdiri dari beberapa kelas berbeda di sirkuit dan waktu yang sama.

Kelas yang dilombakan adalah LMP2 sebagai kategori utama, lalu LMP3, dan GT. Walau digelar dalam satu balapan, namun ada tiga pemenang berbeda untuk tiap kelas.

Race 1 dan 2, juga untuk Race 3 dan 4 satu pekan kemudian di Abu Dhabi, masing-masing berdurasi empat jam. Sean dan Stoffel bakal menggeber mobil Jota warna hijau yang bersasis Oreca dan bermesin Gibson.

"Saat track walk saya rasanya senang banget. Begitu juga pas nyobain mobilnya di trek hari Rabu kemarin. Memang masih banyak yang mesti dikerjakan untuk balapan, tapi kami semua merasa memulainya dengan bahagia," kata Sean, yang didukung BNI dan Pertamina ini.

Rekor Sean di ajang Asian Le Mans Series sangat bagus. Dari dua balapan yang pernah diikutinya pada 2016 bersama Antonio Giovinazzi (Italia), mereka berhasil memenangi keduanya, yakni di Sepang (Malaysia) dan Buriram (Thailand).

Baca juga: Sean Gelael beralih ke WEC bersama tim JOTA
Baca juga: Sean Gelael akhiri balapan Formula 2 dengan finis di depan sang juara
Baca juga: Karakter trek luar Bahrain diharapkan dukung gaya balap Sean


Jadwal Asian Le Mans Series
Dubai Autodrome

Kamis, 11 Februari
Free Practice 1: 13.40 - 15.10 WIB
Free Practice 2: 20.30 - 22.00 WIB

Jumat, 12 Februari
Qualifying (LMP2/LMP3): 13.20 - 14.00 WIB

Sabtu, 13 Februari
Race 1: 17.15 - 21.15 WIB

Minggu, 14 Februari
Race 2: 15.45 - 19.45 WIB

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021