Menteri PUPR: Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek pulihkan ekonomi lokal

id Kementerian PUPR,revitalisasi pasar,pasar pon,pasar trenggalek

Menteri PUPR: Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek pulihkan ekonomi lokal

Pasar PON Trenggalek di Jawa Timur yang telah direvitalisasi Kementerian PUPR. ANTARA/Dokumentasi Kementerian PUPR.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap revitalisasi Pasar Pon Trenggalek di Jawa Timur (Jatim) mendukung pemulihan ekonomi lokal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis.

“Diharapkan infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakkan sektor rill atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Basuki dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pasar Pon mulai dibangun Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya sejak 10 Januari 2020 setelah rusak terbakar pada 2018. Konstruksi bangunan pasar telah selesai 100 persen dan telah diserahkelolakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek.

Baca juga: Kata polisi tak ada unsur kesengajaan pada kebakaran Pasar Pon

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan pasar ini dibangun dengan desain ikonik agar menjadi landmark baru Trenggalek, menerapkan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH) agar less cost operation and maintainance dan diselesaikan lebih cepat guna pemulihan ekonomi nasional. 

"Pasar yang telah dibangun agar dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik dan predikat BGH madya yang telah dicapai sebaiknya dipertahankan," katanya.

Konstruksi Pasar Pon dibangun dengan konsep BGH di atas lahan seluas 12.000 meter persegi dan luas bangunan 5.800 meter persegi. Pembangunan pasar bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp73,8 miliar.

Pasar yang berlokasi tidak jauh dari alun-alun Kabupaten Trenggalek ini akan meningkatkan sarana perdagangan barang/jasa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Baca juga: Bupati Trenggalek buka pasar rakyat untuk dongkrak UMKM
 

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar