Pontianak (ANTARA) - Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Sarawak, Malaysia, memulangkan jenazah Jaili, seorang WNI/PMI asal Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, melalui perbatasan Biawak Sarawak-PLBN Aruk Indonesia.

"Kami sebelumnya telah menghubungi pihak keluarga almarhumdi Sambas dan meminta agar jenazah dipulangkan ke rumah keluarga, sehingga kami segera memproses dokumen pemulangan almarhum tanpa menunggu jadwal repatriasi dan deportasi lagi," kata Kepala KJRI Kuching Yonny Tri Prayitno saat dihubungi di Kuching, Jumat.

Baca juga: KJRI di Kuching bantu pulangkan PMI kondisi khusus melalui Entikong

Dia menjelaskan, sebelumnya pada hari Minggu (7/11), almarhum datang diantar oleh sesama PMI dari Batu Niah, Sarawak ke KJRI Kuching dengan kondisi kurang sehat. Kemudian yang bersangkutan langsung ditampung di shelter KJRI Kuching.

"Sebenarnya kami sudah jadwalkan pemulangan almarhum pada hari Rabu (10/2), setelah proses dokumen untuk pemulangan selesai. Namun pada Kamis (11/2) sekitar pukul 08.00 waktu setempat, saat proses persiapan untuk pemulangan, suhu tubuhnya meningkat sangat tinggi dan tidak sadarkan diri," katanya.

Baca juga: KJRI Kuching bantu pemulangan seorang warga Sambas karena sakit

Kemudian, lanjut dia, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, pihak KJRI Kuching langsung menghubungi pihak rumah sakit yang segera mengirim timnya untuk proses pemeriksaan dan membawanya ke rumah sakit. Namun Tuhan berkehendak lain, pada saat akan dibawa ke rumah sakit Jaili meninggal dunia.

"Sehari kemudian sesuai SOP COVID-19, jenazah almarhum langsung ditangani pihak Rumah Sakit Umum Sarawak untuk melakukan pengecekan apakah terpapar COVID-19 atau tidak. Setelah hasil pengecekan dinyatakan negatif, maka kami segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk persiapkan dokumen pemulangan jenazah ke Sambas melalui PLBN Aruk," katanya.

Baca juga: KJRI Kuching bantu pemulangan korban KDRT lewat PLBN Entikong

Yonny menambahkan, di PLBN Aruk jenazah diterima Satgas pemulangan PMI dan pihak keluarga yang sudah mempersiapkan ambulans pengganti untuk membawa jenazah ke kampung halaman untuk dimakamkan.

"Proses pemulangan dan penyerahan jenazah berjalan lancar atas kerja sama dan koordinasi dengan pihak CIQS Biawak Sarawak dan pihak terkait di PLBN Aruk serta komunikasi yang baik dengan pihak keluarga almarhum. Pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan KJRI Kuching," katanya.
.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2021