Saya mengatakannya berkali-kali bahwa dia bisa memainkan peran false nine dan orang-orang menertawakan
Jakarta (ANTARA) - Manajer Manchester City Pep Guardiola mengaku puas pendapatnya bahwa Ilkay Gundogan bisa memainkan peran false nine terbukti saat gelandang itu mengemas dwigol kala timnya mengalahkan Tottenham Hotspur 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

"Ia bermain dekat dengan penyerang dengan indera permainan yang tajam. Dia punya kualitas itu," kata Guardiola selepas laga dilansir laman resmi City.

Raihan Gundogan kontra Tottenham, mengulangi dwigol yang dicetaknya saat City mengalahkan Liverpool 3-1 sepekan yang lalu.

Terlebih gol pertama City, yang dicetak Rodri Hernandez, berasal dari tendangan penalti yang dimenangkan Gundogan.

Baca juga: Gundogan kembali bersinar saat Manchester City bungkam Tottenham 3-0

"Saya mengatakannya berkali-kali bahwa dia bisa memainkan peran false nine dan orang-orang menertawakan," ujar Guardiola.

"Hari ini ia membuktikannya lewat aksi jelas lewat penalti yang diperolehnya dan dua gol itu. Dia sungguh bagus dalam peran ini," katanya menambahkan.

Lebih jauh, Guardiola meyakini Gundogan berpeluang untuk memenangi penghargaan Pemain Terbaik Liga Premier dua bulan beruntun setelah meraih edisi Januari.

"Saya bersuka cita atas penampilannya. Ia memenangi penghargaan Pemain Terbaik Januari dan dia masih bisa bermain seperti ini. Februari ini rasanya dia bisa memenanginya lagi," ujarnya.

Baca juga: Pep Guardiola: kami sudah menjadi juara liga Inggris

Sayangnya, peluang itu dibayangi ancaman sebab Gundogan ditarik keluar pada menit ke-69, setelah mengaku merasa tidak nyaman di pangkal pahanya.

"Kita lihat besok. Dia bilang ke saya rasanya (pangkal paha) kencang. Itu tindakan pintar untuk mengatakannya, tetapi kita lihat besok pemeriksaan lanjutan," pungkas Guardiola.

Hasil kontra Tottenham membuat City memetik 11 kemenangan beruntun untuk memantapkan posisi puncak dengan koleksi 53 poin.

City selanjutnya akan bertanding pada Rabu (17/2) untuk laga tunda pekan ke-16 di markas Everton dengan peluang memperlebar keunggulan tujuh poin yang saat ini mereka miliki.

Baca juga: Klopp lempar handuk soal peluang juara Liverpool
Baca juga: Rodgers puas atas reaksi Leicester saat bangkit tundukkan Liverpool
Baca juga: Bielsa sebut Arteta pelatih hebat jelang Leeds tandang ke Arsenal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021