Uskup Kupang ajak umat hargai lingkungan hidup dengan patuhi prokes

id Uskup Agung Kupang,Prokes COVID-19,masa puasa Paskah,tokoh agama

Uskup Kupang ajak umat hargai lingkungan hidup dengan patuhi prokes

Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang. ANTARA/Aloysius Lewokeda.

Kupang (ANTARA) - Uskup Agung Kupang, Nusa Tenggara Timur, Mgr Petrus Turang mengajak umat Kristiani daerah itu agar meningkatkan kesadaran untuk menghargai lingkungan hidup di sekitar dengan mematuhi protokol kesehatan pada masa puasa umat Katolik yang dimulai pada hari Rabu atau  "Rabu Abu" .

Awal masa puasa bagi umat Katolik ditandai dengan menaburkan abu di kepala untuk mempersiapkan datangnya Hari Raya Paskah. Abu merupakan simbol kerapuhan manusia yang mudah jatuh dalam kelemahan dan dosa. Abu juga adalah tanda pertobatan

"Dalam masa puasa menyambut Paskah ini mari kita menghargai dan menjaga lingkungan hidup kita yang bersih dan sehat dengan mematuhi protokol kesehatan sepenuhnya," kata Mgr Petrus Turang dalam keterangan tertulis mengenai Pesan Puasa 2021 yang diterima di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan masa puasa pada 2021 dilalui dalam kondisi sulit karena masih berada dalam terpaan pandemi COVID-19.

Uskup Turang mengatakan perjuangan bersama mengatasi wabah corona ini berpacu dalam berbagai kebijakan publik di seluruh dunia. Pemerintah dan masyarakat Indonesia juga bersama-sama berupaya untuk menemukan jalan keluar yang efektif dalam kerja sama internasional.

Baca juga: Paus imbau umat Katolik berhenti mencerca di media sosial

Baca juga: Umat Katolik diajak tingkatkan kepedulian hadapi virus corona


Hal itu pertanda baik dan buruk masih berjalan bersama sehingga pergerakan sosial mengalami pembatasan dan perlambatan, katanya.

Oleh karena itu dalam masa sulit ini, lanjut dia, umat Kristiani perlu meneladani unsur-unsur kebapaan Santo Yoseph yang berani dan kreatif dalam situasi sulit boleh memberikan semangat baru dalam kehidupan iman dan karya.

"Dengan demikian kita tidak takut menghadapi keadaan sulit seperti menghadapi virus corona saat ini dengan tetap tenang mengupayakan kehadiran yang membawa perubahan positif demi kebaikan bersama," katanya.

Uskup Turang juga mengajak umat Kristiani agar dalam masa puasa ini dapat membangun kembali martabat Kristiani dalam doa, askese, dan amal kasih demi mekarnya lingkungan hidup bersaudara dan bersahabat.

"Marilah kita menjalani masa puasa dengan gembira dan penuh syukur menuju perayaan kebangkitan Yesus Kristus di hari Paskah," katanya.

Baca juga: KWI dorong umat Katolik beri dukungan bagi ODP-PDP

Baca juga: Umat Katolik diharapkan jaga kerukunan umat beragama

Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar