Waspadai hujan petir dan angin kencang Jumat pagi di Jakarta

id cuaca jakarta, bmkg imbau waspada hujan petir jumat pagi, bmkg, peringatan lapan

Waspadai hujan petir dan angin kencang  Jumat pagi di Jakarta

Dokumentasi - Kilatan petir menjalar di langit Jakarta, Sabtu (1/4/2017). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pd/aa.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dab Geofisika (BMKG) mengingatkan warga di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Barat untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi pada Jumat pagi dan dini hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Seribu, Jakut dan Jakbar pada pagi dan dini hari," kata peringatan dini BMKG dikutip dari laman bmkg.go.id, di Jakarta, Jumat pukul 04.44 WIB.

BMKG merinci pada Jumat pagi cuaca di DKI Jakarta diperkirakan hujan ringan merata di seluruh wilayah dari Jakarta Barat hingga Jakarta Utara, kecuali Kepulauan Seribu diperkirakan hujan sedang.

Kemudian pada siang harinya, hujan ringan masih berpotensi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan.

Memasuki malam harinya, cuaca wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara berstatus berawan, hanya di Kepulauan Seribu yang cerah berawan.

Baca juga: Jumat, cuaca Jakarta didominasi hujan berskala ringan hingga sedang

Hingga dini hari, hujan ringan diprediksi merata terjadi di lima wilayah kota administrasi hingga ke Kabupaten Kepulauan Seribu.

Untuk suhu udara di seluruh wilayah DKI Jakarta diperkirakan cukup sejuk mencapai maksimum 31 derajat celsius dan minimum 23 derajat celsius, kecuali di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan suhu minimum 25 derajat celsius.

Sedangkan tingkat kelembaban seluruh wilayah DKI Jakarta diperkirakan minimum 70 persen dan maksimum 90 persen, kecuali di Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu, suhu minimum 75 persen.

Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK), PSTA-LAPAN sebelumnya memperkirakan akan terjadi hujan ekstrem di kawasan Jakarta pada 19-20 Februari 2021 sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang hingga Karawang.

Hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB. Setelan itu intensitas akan berkurang terhadap waktu, namun hujan dalam skala meso atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bersamaan dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Warga diimbau tetap berada di rumah saja, melakukan kegiatan bekerja di rumah, mengurangi aktivitas di luar rumah untuk mengurangi angka kasus positif COVID-19.

Baca juga: Waspadai hujan petir dan angin kencang di Jakarta

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar