Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah menetapkan pasangan nomor urut 2 Sugianto Sabran-Edy Pratowo sebagai pasangan calon terpilih, pemenang Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Tengah (Pilkada Kalteng) 2020.

"Maka ditetapkan pasangan calon terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 adalah paslon nomor urut dua atas nama Sugianto Sabran-Edy Pratowo dengan perolehan suara sebanyak 536.128 suara sah," kata Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim di Palangka Raya, Jumat.

Pernyataan itu diungkapkan Harmain didampingi para komisioner KPU Kalteng dan disaksikan sejumlah pihak terkait saat acara rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020 di salah satu hotel di Palangka Raya.

Usai penetapan pasangan calon terpilih dalam Pilkada Kalteng para komisioner KPU Kalimantan Tengah secara bergiliran menandatangani berita acara.

Baca juga: DPRD Surabaya gerak cepat siapkan pengangkatan Eri-Armuji
Baca juga: Bupati Gresik terpilih: Pengunduran pelantikan tak ganggu kinerjanya
Baca juga: Akhirnya KPU tetapkan Wali Kota dan Wawali Bandarlampung terpilih


Penetapan calon terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 itu juga telah tertuang di dalam surat keputusan KPU Kalteng Nomor:06/Pl.02.7-Kpt/62/Prov/II/2021.

Pilkada Kalteng 2020 sendiri diikuti pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo. Pada Pilkada ini pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar membawa sengketa Pilkada ke MK hingga akhirnya Mahkamah Konstitusi menolak permohonan pasangan nomor urut satu ini.

Sementara itu pada rekapitulasi surat suara Pilkada Kalteng tingkat provinsi diketahui pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo meraih suara lebih banyak dibanding pesaingnya pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar.

Pada kesempatan itu Harmain mengapresiasi kinerja seluruh jajaran penyelenggara mulai dari KPU kabupaten/kota, PPK, PPS, dan KPPS se Kalimantan Tengah yang telah bekerja keras demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2020.

Pihaknya juga mengapresiasi Bawaslu Kalteng beserta seluruh jajaran yang telah bekerja sama dengan baik dalam mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020.

"Dan lebih lebih terima kasih kami sampaikan jajaran pihak keamanan seperti Polda Kalteng beserta jajaran dan Korem 102 Panju Panjung beserta jajaran yang terus mengawal pelaksanaan pemilihan ini berlangsung dengan aman dan damai," katanya.

Terjaganya suasana kondusif selama Pilkada Kalteng 2020 juga merupakan keberhasilan seluruh elemen masyarakat yang selalu menjunjung tinggi falsafah "Huma Betang" dalam setiap tahapan pesta demokrasi. Pihaknya pun berharap suasana aman, nyaman dan tertib selalu terjaga.
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021