Jakarta (ANTARA) - Pebalap Spanyol Alex Marquez merasa harus memperbaiki performanya pada babak kualifikasi jika ingin memiliki kesempatan yang lebih baik bertarung dalam MotoGP tahun ini bersama tim LCR Honda.

Setelah tahun lalu berstatus pebalap tim pabrikan Repsol Honda, adik juara dunia Marc Marquez itu tahun ini akan membela tim satelit LCR Honda bersama pebalap Jepang Takaaki Nakagami.

"Saya senang berada di sini, di kampung halaman saya Cervera dan melihat warna baru motor ini," kata Marquez di sela-sela peluncuran motor tim LCR Honda, dalam laman MotoGP, Jumat.

"Menunggu musim baru ini sedikit lebih lama tapi tahun ini lebih baik dari segi persiapan. Saya memiliki rencana yang lebih jelas, apa yang harus saya perbaiki, apa yang saya perlu fokuskan lagi."

"Secara fisik saya merasa luar biasa. Tak sabar lagi untuk tiba di Qatar untuk tes pertama di sana dan bekerja bersama tim."

Debut Marquez sebagai rookie dan juara dunia Moto2 kurang mulus karena sang pebalap gagal menjinakkan motor Honda RC213V yang merupakan salah satu motor paling kompetitif di grid.

Baca juga: Bos tim Gresini Racing dalam keadaan koma terinduksi lagi

Namun pada paruh kedua musim yang terganjal pandemi COVID-19 itu, Marquez membuktikan diri mampu beradaptasi baik dengan tunggangannya dan meraih dua finis podium.

Satu hal yang menjadi pembelajaran Marquez dari tahun lalu adalah dia tak cukup cepat pada babak kualifikasi.

Posisi terbaik yang dia raih dalam kualifikasi adalah P10 di Grand Prix Teruel, sedangkan Nakagami tercatat empat kali start dari baris terdepan, termasuk sekali pole position.

"Saya sangat perlu fokus di kualifikasi. Ini adalah target utama musim ini karena di balapan kami selalu memiliki kecepatan dan perasaan yang baik," kata Marquez.

"Tapi hanya dalam kualifikasi kami terlalu lamban. Itulah yang perlu kami tingkatkan karena dengan posisi (start) yang lebih baik di grid kami akan mendapat hasil yang baik."

Menyusul pembatalan sesi tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia, MotoGP akan menggelar tes pramusim resmi di Sirkuit Losail, Doha, Qatar pada 5-6 Maret dan 10-12 Maret.

Qatar juga akan menjadi tuan rumah dua seri pembuka 28 Maret dan 4 April nanti.

Baca juga: Quartararo siap atasi tekanan sebagai pebalap tim pabrikan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021