Jakarta (ANTARA) - Manajer tim LCR Honda Lucio Cecchinello yakin pebalap barunya, Alex Marquez, mampu mencuri podium bahkan menjadi penantang serius dalam MotoGP yang akan start di Qatar 28 Maret nanti.

Marquez bakal menjalani tahun keduanya dalam kelas premier bareng tim satelit Honda itu setelah tahun lalu debut bersama tim Repsol Honda bareng sang kakak Marc Marquez.

"Saya yakin Alex tahun lalu menjalani musim yang luar biasa khususnya pada paruh kedua musim di mana dia menunjukkan potensinya mencapai podium pada tahun pertamanya membalap di MotoGP," kata Cecchinello di sela-sela peluncuran motor baru tim di Cervera, Spanyol, dalam laman MotoGP, Jumat.

"Jadi tentunya tahun ini dengan dukungan yang sama dengan motor pabrikan di tim kami sangat yakin dia bisa mencuri podium dan juga bertarung untuk juara."

Debut Marquez sebagai rookie dan juara dunia Moto2 berjalan kurang mulus karena sang pebalap gagal menjinakkan motor Honda RC213V yang merupakan salah satu motor paling kompetitif di grid.

Namun pada paruh kedua musim yang terganjal pandemi COVID-19 itu Marquez membuktikan diri mampu beradaptasi baik dengan tunggangannya dan meraih dua finis podium.

Baca juga: Alex Marquez fokus perbaiki kualifikasi musim baru bareng LCR Honda

Satu hal yang menjadi pembelajaran Marquez dari tahun lalu adalah dia tak cukup cepat pada babak kualifikasi.

Posisi terbaik yang dia raih dalam kualifikasi adalah P10 di Grand Prix Teruel, sedangkan Nakagami tercatat empat kali start dari baris terdepan, termasuk sekali pole position.

"Saya sangat perlu fokus dalam kualifikasi. Ini adalah target utama musim ini karena di balapan kami selalu memiliki kecepatan dan perasaan yang baik," kata Marquez yang bakal tandem dengan Takaaki Nakagami.

"Tapi hanya dalam kualifikasi kami terlalu lamban. Itulah yang perlu kami tingkatkan karena dengan posisi (start) yang lebih baik di grid kami akan mendapat hasil yang baik."

Menyusul pembatalan sesi tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia, MotoGP akan menggelar tes pramusim resmi di Sirkuit Losail, Doha, Qatar pada 5-6 Maret dan 10-12 Maret.

Qatar juga akan menjadi tuan rumah dua seri pembuka 28 Maret dan 4 April nanti.

Baca juga: Bos tim Gresini Racing dalam keadaan koma terinduksi lagi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021