Juara dunia lompat tinggi Blanka Vlasic pensiun

id Atletik,Lompat Tinggi,Blanka Vlasic

Juara dunia lompat tinggi Blanka Vlasic pensiun

Atlet lompat tinggi Kroasia Blanka Vlasic saat beraksi dalam Olimpiade Rio 2016 di Stadion Olimpiade Rio de Janeiro pada 20 Agustus 2016. (AFP/FRANCK FIFE)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia dan peraih dua medali Olimpiade lompat tinggi putri asal Kroasia, Blanka Vlasic, mengumumkan mundur Jumat ini setelah lama berjuang melawan cedera.

Vlasic melakukan debut Olimpiade dalam usia 16 tahun pada 2000. Lima tahun kemudian dia harus menjalani operasi tiroid tetapi bangkit lagi untuk memenangkan medali perak Olimpiade di Beijing pada 2008 dan medali perunggu di Rio pada 2016.

Vlasic (37) menyatakan keputusannya untuk mundur ini terjadi alamiah setelah dia menghabiskan waktu beberapa tahun terakhir untuk berusaha sembuh dari cedera kaki yang dialaminya.

"Kendati atletik adalah olahraga individual, saya selalu merasa menjadi bagian sebuah tim karena saya tak bisa melompat hanya untuk saya sendiri. Berlari selama victory lap sambil membawa bendera Kroasia selalu menjadi kehormatan terbesar bagi saya," kata Vlasic seperti dilaporkan Reuters.

Catatan terbaik Vlasic adalah 2,08 meter yang dia ciptakan di Kroasia pada in 2009. Rekor itu hanya kalah dari rekor dunia 2,09 meter yang ditorehkan atlet Bulgaria Stefka Kostadinova.

Dua kali menjadi juara dunia indoor, Vlasic dinobatkan sebagai atlet atletik terbaik di dunia pada 2010.

Baca juga: Atlet lompat tinggi Belarusia diskors karena doping
Baca juga: Mutaz Barshim pertahankan gelar juara dunia lompat tinggi
Baca juga: Lasitskene cetak hatrik lompat tinggi

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar