Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat telah terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Lampung sebanyak 98 orang.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Lampung 98 orang, sehingga total jadi 11.922 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana melalui keterangan tertulis di Bandarlampung, Sabtu.

Penambahan kasus positif COVID-19 tersebut tersebar di 12 kabupaten dan kota di Lampung.

Bila dilihat berdasarkan data yang ada, di Kota Bandarlampung ada 22 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, Kabupaten Lampung Tengah 20 orang, Lampung Timur 15 orang.

Baca juga: Lampung persiapkan skema khusus vaksinasi masyarakat pulau terluar

Baca juga: Kemarin, guguran lava pijar Merapi hingga progres vaksinasi COVID-19


Selanjutnya di Kabupaten Pesisir Barat 8 kasus positif COVID-19, Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Lampung Selatan, dan Lampung Barat masing-masing ada 7 orang.

Lalu, di Kota Metro 2 orang yang positif COVID-19 dan masing-masing seorang di Tanggamus, Tulang Bawang, dan Tulang Bawang Barat.

Dari 98 kasus positif COVID-19 tersebut, 81 orang merupakan kasus baru, 17 hasil penelusuran kasus.

Sebanyak 33 pasien masih dalam perawatan karena kategori kasus bergejala, dan 65 orang lainnya menjalani isolasi mandiri karena kasus tanpa gejala.

Menurutnya, selain terdapat penambahan kasus positif ada pula penambahan kasus suspek sebanyak 30 orang, kematian 5 kasus, dan sembuh dari COVID-19 sebanyak 104 orang.

Lima orang yang meninggal dunia, dimana empat orang yang berasal dari Kota Bandarlampung dan seorang dari Pesawaran.

Angka reproduksi efektif sebanyak 0,17 dapat diartikan kasus COVID-19 di Provinsi Lampung belum usai sehingga masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan disiplin untuk memutus mata rantai persebaran COVID-19, ujarnya.

Baca juga: 28.763 nakes Lampung telah divaksin selama lima minggu terakhir

Baca juga: Progres vaksinasi COVID-19 bagi nakes Lampung capai 74,16 persen

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021