Polres Pangkalpinang siapkan tes urine cegah personel konsumsi narkoba

id tes urine,cegh narkoba,polres panbgkalpinang

Polres Pangkalpinang siapkan tes urine cegah personel konsumsi narkoba

Kapolres Pangkalpinang AKBP Tris Lesmana Zeviansyah. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Pangkalpinang (ANTARA) - Kepolisian Resor Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan kegiatan tes urine mendadak untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyalahgunaan narkoba terhadap seluruh personel.

"Tes urine mendadak merupakan salah satu cara yang akan digelar rutin sebagai upaya pencegahan, selain memberikan bimbingan rohani, mental dan kegiatan olahraga bersama agar para personel mendapatkan lingkungan yang positif," kata Kapolres Pangkalpinang AKBP Tris Lesmana Zeviansyah di Pangkalpinang, Senin.

Menurut dia, berbagai upaya yang dilakukan dari dalam tersebut sebagai bentuk keseriusan Polres Pangkalpinang agar para personel tidak terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Baca juga: Polrestabes Bandung sidak tes urine imbas kapolsek terlibat narkoba

"Kami selalu ingatkan kepada seluruh personel polres dan jajaran jangan sampai terlibat narkoba, karena akan ditindak secara tegas," kata dia.

Jika ada oknum anggota yang terbukti terlibat narkoba, maka sesuai atensi Kapolri akan diancam hukuman terberat bisa sampai pemecatan tidak dengan hormat.

Selain pemeriksaan urine mendadak dan rutin, salah satu upaya antisipasi yang akan dilakukan yaitu pengawasan ketat terhadap anggota Polres Pangkalpinang.

"Pengawasan dengan menggelar 'sweeping' dan tes urine terhadap personel secara mendadak akan efektif dilakukan," ujarnya.

Menurutnya sebagai aparat penegak hukum harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, sehingga pemberantasan terhadap penyalahgunaan narkoba dapat maksimal.

"Kita sudah mengingatkan setiap apel pagi agar menghindari bahaya narkoba, karena akan ditindak tegas, polisi itu harus bebas narkoba, karena polisi bertugas sebagai pelayan dan pengayom masyarakat. Jika polisi itu sendiri terlibat narkoba, maka dia tidak akan bisa melayani masyarakat secara prima," katanya.

Baca juga: Anggota Polda Sumatera Selatan dites narkoba secara mendadak
Baca juga: Hasil tes urine tersangka kecelakaan maut Pasar Minggu negatif
Baca juga: Pengemudi bus tujuan Sumatra di Terminal Pulogebang positif narkoba

Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar