Pemprov Kalbar mengantongi 57 nama pemilik lahan yang terbakar

id karhutla kalbar,gubernur kalbar,sutarmidji,karhutla

Pemprov Kalbar mengantongi 57 nama pemilik lahan yang  terbakar

Gubernur Kalbar Sutarmidji (Antara Kalbar-HO)

Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyatakan telah mengantongi 57 nama pemilik lahan yang terbakar dan akan memberikan sanksi atas pembakaran lahan yang dilakukan secara sengaja.

"BPN sudah mengirim nama-nama pemilik lahan yang terbakar dan saat ini sudah tercatat sekitar 57 nama dari pemilik lahan tersebut," katanya usai menghadiri Rakorsus terkait Pengendalian Karhutla dan Pengarahan Presiden RI, bertempat di kantor Gubernur Kalbar, Senin.

Baca juga: Presiden Jokowi tegaskan sanksi pencopotan bila tak atasi karhutla

Baca juga: Presiden: Jangan biarkan api membesar


Baca juga: Polda Kalimantan Barat antisipasi kebakaran hutan

Terkait semakin banyaknya aktivitas pembakaran lahan di beberapa daerah, Sutarmidji menyampaikan pihaknya tidak bisa menetapkan siaga karhutla, karena baru satu kabupaten/kota yang menetapkan hal tersebut di wilayahnya.

"Seharusnya siaga karhutla sudah ditetapkan di beberapa daerah provinsi, namun hal tersebut baru bisa dilakukan setelah minimal dua kabupaten/kota yang menetapkannya. Sedangkan saat ini baru Kabupaten Sanggau yang menetapkan Siaga Karhutla di wilayahnya," tuturnya.

Sutarmidji mengatakan jika terjadi karhutla yang cukup parah, pemprov akan meminta bantuan helikopter bom air dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Untuk karhutla yang cukup besar kami akan meminta bantuan dari BNPB," kata dia.

Gubernur Kalbar juga menegaskan bahwa akan dilakukan penindakan hukum terhadap pemilik lahan yang melakukan karhutla. "Lahannya akan disegel, tidak boleh digunakan selama lima tahun dan yang bersangkutan akan didenda," katanya.

Dalam hal ini, pihak yang berwewenang dalam penindakan penyegelan lahan tersebut Satpol PP setiap wilayah masing-masing.

Baca juga: SAR Pontianak ikut padamkan kebakaran hutan dan lahan

Baca juga: Rencana aksi kolaboratif cegah karhutla di Kalimantan Barat

Baca juga: Polres Mempawah tangkap orang yang diduga pelaku karhutla

 

Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar