Polrestabes Surabaya blusukan layani perpanjangan SIM di perkampungan

id Polrestabes Surabaya, Layanan SIM Keliling, Polrestabes Sobo Kampung,sim keliling surabaya

Polrestabes Surabaya blusukan layani perpanjangan SIM di perkampungan

Sejumlah pemohon mengurus perpanjangan SIM, di samping armada bus pelayanan SIM keliling Polrestabes Surabaya yang diparkir di kawasan perkampungan Kelurahan Tembok Dukuh Surabaya. (ANTARA Jatim/Hanif Nashrullah)

Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) melakukan blusukan melayani perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) dengan berkeliling kampung di wilayah setempat, sebagai bagian program "Polisi Sobo Kelurahan".

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas (Wakasatlantas) Polrestabes Surabaya Kompol Ari Galang, di Surabaya, Senin, mengatakan upaya keliling kampung ini dilakukan selama masa pandemi COVID-19, untuk mengurai antrean pengurusan perpanjangan SIM.

"Kami selalu berputar melayani SIM keliling di kampung-kampung yang meliputi seluruh kelurahan wilayah Kota Surabaya. Kami datangkan bus 'sobo' kelurahan ini untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan mengurus perpanjangan SIM khususnya," katanya saat dikonfirmasi, di Surabaya, Senin.

Menurutnya, pelayanan SIM keliling kampung terbilang efektif mengurai antrean pemohon di tempat-tempat pelayanan SIM yang telah ada, sehingga mencegah kerumunan dan turut membantu pencegahan penularan COVID-19.

"Selain itu, masyarakat yang masa berlaku SIM-nya sudah habis, tidak perlu datang jauh-jauh untuk mengurusnya," ujarnya pula.

Armada bus pelayanan SIM keliling Polrestabes Surabaya juga terlihat diparkir di sebuah lahan yang agak luas di kawasan perkampungan wilayah Kelurahan Tembok Dukuh Surabaya.

Lauwata, warga setempat, mengaku tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mengurus perpanjangan SIM miliknya yang masa berlakunya hampir habis.

"Biasanya saya mengurus perpanjangan SIM di Gerai Pelayanan Tunjungan Plaza setelah pulang kerja," katanya.

Dia mengapresiasi pelayanan SIM keliling kampung dinilai sebagai inovasi dari Polrestabes Surabaya yang sangat membantu dan memudahkan masyarakat.

"Apalagi bagi warga yang tidak punya kendaraan. Dengan adanya pelayanan SIM keliling kampung yang disediakan Polrestabes Surabaya, warga bisa datang mengurus permohonan perpanjangan dengan berjalan kaki dari rumah," ujarnya lagi.
Baca juga: Senin, ini lima lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta

Pewarta : A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar