Jakarta (ANTARA) - Pol Espargaro diharapkan mampu menghidupkan kembali kompetisi internal dalam tim Repsol Honda ketika musim baru MotoGP bergulir mulai akhir Maret nanti di Qatar.

Espargaro diboyong dari KTM untuk menggantikan Alex Marquez sebagai tandem Marc Marquez tahun ini jika juara dunia MotoGP enam kali itu pulih dari cederanya demi mengembalikan kejayaan Honda.

Debut MotoGP pada 2014, Espargaro merupakan salah satu pebalap berpengalaman di grid serta membantu KTM menjalani tahun terbaiknya musim lalu dengan mempersembahkan dua pole position dan lima kali finis podium.

Baca juga: Marc Marquez jadi salah satu alasan Espargaro ke Repsol Honda
Baca juga: Marquez bicarakan kondisi cederanya jelang musim baru MotoGP


"Dia memiliki pengalaman, bukan bocah lagi," kata manajer tim Alberto Puig pada presentasi tim yang disiarkan langsung Senin.

"Targetnya adalah untuk bertarung dengan pebalap lain dan juga dengan Marc, karena ini akan seperti poin acuan.

"Semoga dia bisa segera memahami motor ini dan kami harap kompetisi yang besar juga di dalam tim karena itu yang benar-benar membuat tim tetap hidup.

"Dengan demikian... level yang ada di dalam tim akan tumbuh," ungkap Puig.

Awal tahun ini, Honda memberi kejutan kepada Espargaro dengan mendatangkan motor baru Honda RC213V ke rumah sang pebalap.

Pebalap berusia 29 tahun itu mengaku telah lama bermimpi membalap bersama Honda meskipun pandemi COVID-19 menjadi salah satu faktor penghambat persiapannya musim ini.

"Kita tahu musim lalu sangat sulit karena situasi COVID tanpa tahu di mana kami akan balapan dan berapa lama kami akan balapan di sana.

"Dengan motor bari ini saya tidak punya banyak hari tes jadi akan sulit di awal musim, tapi saya sangat fokus untuk meraih mimpi saya di sini," kata Espargaro.

Baca juga: Nakakami bertekad akhiri penantian podium di seri pembuka Qatar
Baca juga: Quartararo siap atasi tekanan sebagai pebalap tim pabrikan


Tim Repsol Honda juga mengharapkan Marquez bisa segera pulih sepenuhnya untuk membalap tahun ini.

Namun, baik Puig maupun Marquez sendiri tidak bisa memastikan kapan akan bisa balapan saat start musim balapan tinggal sebulan lagi.

Menyusul pembatalan sesi tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia, MotoGP akan menggelar tes pramusim resmi di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, pada 5-6 Maret dan 10-12 Maret.

Qatar juga akan menjadi tuan rumah dua seri pembuka 28 Maret dan 4 April nanti.

Baca juga: Gandeng Gresini, Indonesian Racing rilis motor Moto3 dan Moto2 2021
Baca juga: Motif batik hiasi livery motor tim Indonesian Racing di Moto3

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021