Proyek tersebut terdiri atas penguatan jaminan usaha serta 350 koperasi petani dan nelayan, pembangunan fasilitas pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), serta pemulihan empat daerah aliran sungai (DAS) kritis.
Gorontalo (ANTARA) - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menerima usulan program prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo tahun 2022, yang dipaparkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pada Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) tahun 2021 yang digelar secara virtual, Selasa.

“Semua program yang diusulkan Pemprov Gorontalo bisa masuk dalam proyek prioritas nasional dan akan kita evaluasi berdasarkan prioritasnya,” kata Suharso Monoarfa pada seminar virtual itu yang diikuti dari Gorontalo.

Pada forum Rakorgub tahun 2021 para gubernur menyampaikan atau proyek prioritas nasional untuk tahun 2022.

Pada sesi pertama, yang memperoleh kesempatan untuk memaparkan program yaitu Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

Pemprov Gorontalo mengusulkan proyek prioritas yang pendanaannya bersumber dari dana APBN.

Proyek tersebut terdiri atas penguatan jaminan usaha serta 350 koperasi petani dan nelayan, pembangunan fasilitas pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), serta pemulihan empat daerah aliran sungai (DAS) kritis.

“Untuk proyek prioritas pertama berupa fasilitasi sarana pascapanen tanaman pangan, pascapanen perikanan, bantuan benih jagung bersertifikat, serta pengembangan kawasan kelapa,” kata Wagub Idris Rahim.

Sementara untuk usulan proyek prioritas untuk mendukung prioritas nasional, Pemprov Gorontalo mengusulkan beberapa program di antaranya penuntasan Jalan Lingkar Luar Gorontalo (GORR) segmen satu, pengendalian banjir Sungai Bone dan Sungai Bulango, serta Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya.

Sedangkan untuk proyek prioritas baru, Pemprov Gorontalo mengusulkan pengembangan Geopark Gorontalo, revitalisasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Talumelito, serta pembangunan rusunawa untuk aparatur sipil negara Provinsi Gorontalo.

Selain itu Pemprov Gorontalo juga mengusulkan pendanaan APBN untuk proyek yang sudah berlangsung sebelum RPJMN tahun 2020-2024.

Proyek tersebut terdiri atas pembangunan Bendungan Bulango Ulu dan revitalisasi Danau Limboto.

“Kami berharap seluruh program yang diusulkan Pemprov Gorontalo bisa diakomodir dalam Program Prioritas Nasional untuk tahun 2022,” demikian Idris Rahim.

Baca juga: Kepala Bappenas bakal prioritaskan penanganan banjir di Gorontalo

Baca juga: Lima kawasan transmigrasi di Gorontalo jadi prioritas nasional


Baca juga: Banjir Gorontalo terjadi karena DAS Limboto kritis

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021