Dengan metode pindai QR, dapat memudahkan bagi siapapun
Jakarta (ANTARA) - Bank DKI mengajak masyarakat untuk berdoa dan turut membantu korban berbagai bencana alam di Indonesia melalui penggalangan dana di Bank DKI Peduli dengan menggunakan metode "QR Code" lewat aplikasi JakOne Mobile.

"Bagi masyarakat yang ingin berdonasi dan meringankan beban saudara-saudara kita karena terkena dampak bencana, dapat transfer langsung melalui rekening Bank DKI Peduli di nomor rekening 10120123455 atau Bank DKI Syariah Peduli dengan nomor rekening 70107000030. Selain itu, donasi juga dapat dilakukan dengan metode pindai 'QR Code' via aplikasi JakOne Mobile," kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Herry mencontohkan pemindaian QR Code itu telah dilakukan oleh karyawan Bank DKI dalam pengumpulan donasi yang telah dilangsungkan sejak pekan pertama Januari 2021.

"Dengan metode pindai QR, dapat memudahkan bagi siapapun yang ingin berdonasi melalui aplikasi JakOne Mobile dimana dan kapan pun, ujar Herry.

Baca juga: Bank DKI: Bantuan sosial tunai sudah tersalurkan 90,92 persen

Herry menyebut karyawan Bank DKI mendonasikan pendapatannya yang digalang dalam program donasi karyawan serta unit pelayanan zakat (UPZ), bagi bencana alam di Indonesia.

Jumlah donasi yang berhasil terkumpul dari karyawan Bank DKI itu, adalah senilai Rp200 juta yang kemudian disalurkan melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MMDC) dengan diserahkan langsung oleh Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi di Jakarta, Rabu (24/2).
 
Seorang warga menggunakan aplikasi JakOne milik Bank DKI untuk mengakses layanan donasi kemanusian Bulan Dana PMI DKI Jakarta, Kamis (21/1/2021) (ANTARA/HO-Humas Bank DKI)

"Kami berharap bantuan ini dapat berarti dan meringankan beban bagi saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan," ujar dia.

Bantuan tersebut sendiri akan dikelola oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk didistribusikan ke sejumlah daerah bencana.

Baca juga: Bank DKI raih "The Best Indonesia GCG Award 2021"

Sejumlah bencana terjadi di Indonesia dimulai dari gempa bumi magnitudo 6,2 di Kabupaten Majene dan Mamuju Sulawesi Barat; banjir di Kalimantan Selatan, meletusnya Gunung Semeru serta bencana lainnya juga terjadi di awal 2021.

Sebelumnya, Bank DKI bersama Jakarta Tourism Forum telah menyalurkan donasi kemanusiaan Rp100 juta untuk penanganan musibah bencana alam gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah, Mashuri Masyhuda di sisi lain, turut menyampaikan apresiasi kepada Bank DKI atas penyaluran donasi yang disalurkan melalui MMDC.

"Kami sangat mengapresiasi bantuan senilai Rp200 juta tersebut, semoga bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," tutur Mashuri.

Baca juga: Bank DKI gandeng JTF salurkan donasi korban gempa Sulbar

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021