Pemerintah akan perluas cakupan vaksinasi COVID-19

id Wiku adisasmito, vaksinasi lansia,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi,aa

Pemerintah akan perluas cakupan vaksinasi COVID-19

Petugas kesehatan (tengah) dikawal personil Polri dan TNI membawa kotak berisi vaksin COVID-19 Sinovac saat menumpang kapal penyeberangan tujuan wilayah terluar Pulau Aceh, di pelabuhan tradisional Lampulo, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (16/1/2021). ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah akan memperluas cakupan vaksinasi untuk memudahkan masyarakat, khususnya kelompok lanjut usia, dalam mendapatkan vaksinasi.

"Saat ini lokasi vaksinasi lansia tersedia di ibukota provinsi dan beberapa kabupaten/kota. Pemerintah akan memperluas cakupan sehingga lansia dapat mendapat vaksinasi di tempat lebih terjangkau," ujar Wiku menjawab pertanyaan awak media dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Satgas imbau lansia periksa kesehatan sebelum vaksinasi

Wiku juga menyampaikan Kementerian Kesehatan dan fasilitas kesehatan akan terus memperbaiki sistem antrean vaksin sehingga lansia lebih mudah mendapatkan dan menyesuaikan jadwal di lokasi.

Hal ini untuk mencegah timbulnya kerumunan di lokasi vaksinasi.

Baca juga: Satgas COVID-19 beri ketentuan untuk tingkatkan efektivitas masker

Pemerintah telah memulai vaksinasi tahap kedua yang ditujukan bagi pekerja di sektor yang berkenaan dengan pelayanan publik serta kelompok lanjut usia.

Sebelumnya pada tahap I pemerintah telah melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan selaku prioritas utama pemberian vaksin COVID-19.

Baca juga: Perlu cermat atur regulasi vaksinasi mandiri

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar