Jakarta (ANTARA) - Pierre-Emerick Aubameyang mengantarkan Arsenal melewati Benfica ke babak 16 besar Liga Europa setelah dua golnya mengunci kemenangan 3-2 dalam leg kedua 32 besar di Stadion Giorgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Dengan kemenangan tersebut, Arsenal melangkah ke babak 16 besar menyusul klub sekotanya, Tottenham Hotspur, berbekal skor agregat 4-3 atas Benfica, demikian catatan laman resmi UEFA.

Aubameyang membuka keunggulan untuk Arsenal, yang harus mengungsi ke Yunani karena aturan COVID-19, pada menit ke-21 lewat penyelesaian terukur menyambut umpan terobosan kiriman Bukayo Saka.

Benfica yang sejak awal laga tampak kesulitan menembus pertahanan The Gooners baru bisa menciptakan peluang berarti pada menit ke-34, sayang sundulan Jan Vertonghen menyambut umpan Pizzi masih melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Arsenal kantongi hasil imbang 1-1 dari lawatan ke markas Benfica

Kerja keras Benfica akhirnya membuahkan hasil dua menit jelang turun minum ketika Diogo Goncalves mengeksekusi tendangan bebas melewati pagar hidup dan melesakkan bola ke pojok kiri atas gawang tak terjangkau kiper Bernd Leno demi menyamakan kedudukan.

Lima menit memasuki babak kedua, Aubameyang kembali berhasil menjebol gawang Benfica, tetapi kali ini golnya dianulir karena ia terjebak offside saat Martin Odegaard melepaskan umpan terobosan.

Pada menit ke-61, Benfica justru berhasil berbalik merebut keunggulan 2-1 ketika umpan balik Dani Ceballos ke arah Leno berhasil dipotong oleh Rafa Silva demi melesakkan bola ke gawang tak bertuan.

Beruntung bagi Arsenal, ketertinggalan mereka hanya bertahan sejenak sebab enam menit kemudian Kieran Tierney mampu memperdaya kiper Helton Leite dengan sepakan melintas untuk menyamakan kedudukan 2-2.

Baca juga: Mikel Arteta isyaratkan ingin permanenkan Martin Odegaard di Arsenal

Arsenal yang masih tertinggal secara agregat gol tandang, terancam tersingkir jika saja pada menit ke-76 Leno tak melakukan aksi berani untuk memotong jalur umpan serangan Benfica.

Tiga menit jelang bubaran waktu normal, Aubameyang mampu mencetak gol keduanya dengan sundulan sederhana demi memanfaatkan umpan silang Saka sekaligus bangkit merestorasi keunggulan Arsenal 3-2 atas Benfica.

Benfica yang sudah di ujung tanduk mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan tetapi sundulan Rafa Silva membentur tiang gawang. Pun jika masuk ke dalam gawang, gol itu pasti akan dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Arsenal akan mengetahui lawan mereka di babak 16 besar ketika UEFA melakukan pengundian pada Jumat petang ini.

Baca juga: Tottenham melenggang mulus ke 16 besar Liga Europa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021